Kompas.com - 25/06/2019, 17:16 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pasangan Kerajaan Inggris Pangeran Harry dan Meghan Markle dilaporkan menggunakan uang pajak untuk melakukan renovasi rumah baru mereka.

Berdasarkan laporan tahunan Rumah Tangga Kerajaan Inggris seperti diwartakan CNN Selasa (25/6/2019), pasangan itu menghabiskan uang 2,5 juta poundsterling, atau Rp 43,2 miliar.

Kediaman resmi Harry dan Meghan, Frogmore Cottage, menjalani perubahan struktur dengan menambahkan lima unit ruangan ke dalam rumah dengan fasilitas modern.

Baca juga: Jelang ke Inggris, Trump Bantah Pernah Sebut Meghan Markle Menjijikan

Pasangan bergelar Duke dan Dichess of Sussex itu pindah ke bangunan Grade II sebelum kelahiran putra mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, Mei lalu.

Renovasi itu termasuk menghilangkan cerobong asap, menyelesaikan ulang atap, menambahkan tangga instalasi perapian, dan lantai kayu yang "mengambang".

Sejumlah media Inggris berspekulasi bahwa penambahan lantai itu dimaksudkan sebagai ruang yoga bagi Meghan dan bayinya. Namun Istana Buckingham membantahnya.

Merujuk pernyataan Buckingham, lantai "mengambang" itu hanya ada di ruang dapur utama. Desainer ruangan itu memberikannya untuk melindungi lantai lama selama renovasi.

Semua biaya itu dibayar oleh Sovereign Grant yang memang bertugas membayar staf Ratu, pemeliharaan istana hingga tugas resmi seperti kunjungan.

Sementara semua biaya untuk perlengkapan hingga perabotan dilaporkan dibayar secara pribadi oleh pasangan yang menikah pada Mei tahun lalu itu.

Berdasarkan rekening Sovereign Grade yang dirilis ke publik, kerajaan menghabiskan anggaran sebesar 67 juta poundsterling, atau Rp 1,2 triliun, sepanjang 2018-2019.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.