Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akta Kelahiran Archie Ungkap Meghan Melahirkan di Rumah Sakit London

Kompas.com - 17/05/2019, 23:17 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Istri Pangeran Harry, Meghan Markle, melahirkan putra pertamanya, Archie, di sebuah rumah sakit swasta di London. Hal tersebut terungkap melalui akta lahir sang anak.

Kabar kelahiran putra pertama pasangan Harry dan Meghan sangat diliputi kerahasiaan, yang oleh pihak keluarga kerajaan demi mendapatkan privasi bagi ibu dan sang anak.

Sebelumnya dilaporkan berbagai media di Inggris, bahwa Meghan dan Pangeran Harry menginginkan agar proses kelahiran anak pertama mereka dilakukan di kediaman mereka di Windsor.

Namun sebuah dokumen sertifikat kelahiran yang dirilis media Inggris, pada Jumat (17/5/2019), menunjukkan jika Meghan melahirkan putra pertamanya, Archie, pada 6 Mei 2019 di Rumah Sakit Portland di London. Demikian menurut kantor berita Press Association.

Baca juga: Ini Arti Nama Putra Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie Harrison Mountbatten-Windsor

Akta kelahiran itu mencantumkan nama lengkap bayi itu sebagai Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Juga mencantumkan pekerjaan sang ibu sebagai "Putri Inggris".

Fasilitas yang dimiliki Rumah Sakit Portland telah diklaim sebagai satu-satunya rumah sakit swasta di Inggris yang didedikasikan untuk perawatan kesehatan wanita dan anak-anak, serta menawarkan perawatan bersalin kelas dunia.

Keputusan Duke dan Duchess of Sussex untuk melahirkan di rumah sakit tersebut dinilai telah memutus tradisi keluarga kerajaan Inggris untuk tempat kelahiran bayi kerajaan.

Pangeran William dan istrinya Kate, yang telah memiliki tiga anak, seluruhnya dilahirkan di Rumah Sakit St Mary di London. Rumah sakit itu juga merupakan tempat kedua pangeran dilahirkan.

Istana Buckingham mengumumkan kelahiran urutan ketujuh dalam takhta kerajaan, yang juga cicit kedelapan dari Ratu Elizabeth II, sekitar sembilan jam setelah proses kelahiran usai.

Meskipun Harry membuat penampilan singkat di depan kamera televisi untuk berbagi kegembiraannya, namun pasangan berbahagia itu baru memamerkan putra mereka ke dunia dua hari setelah hari kelahiran.

Hal tersebut juga berbeda dengan William dan Kate, yang pada setiap kesempatan kelahiran putra-putri mereka, selalu muncul di depan kamera hanya berselang beberapa jam setelah kelahiran bayi mereka dan pada hari yang sama.

Baca juga: Kelahiran Putra Pangeran Harry Diselimuti Hal di Luar Tradisi Kerajaan Inggris, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com