Kompas.com - 21/06/2019, 12:29 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Pyongyang dianggap baik bagi perdamaian di kawasan.

Media Korut KCNA melansir, baik Xi dan Kim sepakat untuk memperkuat hubungan bilateral di tengah hubungan internasional yang "serius dan rumit".

Xi datang ke Pyongyang dalam kunjungan berdurasi dua hari, dan menjadi kunjungan pertama pemimpin China dalam 14 tahun terakhir. Kedatangannya disambut meriah.

Baca juga: Presiden China Berangkat ke Korut untuk Bertemu Kim Jong Un

Dilansir Reuters via Channel News Asia Jumat (21/6/2019), terdapat penampilan yang menyanyikan "Aku Cinta China". Ribuan orang membawa plakat dan membentuk gambar Xi serta bendera China.

China merupakan satu-satunya sekutu utama Korut dengan kunjungan Xi terjadi di tengah tekanan sanksi PBB terkait uji coba program nuklir dan rudal.

Kunjungan itu juga terjadi sepekan jelang pertemuan antara Xi dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sebelum KTT G20 yang diadakan di Osaka, Jepang.

Video dan foto yang dirilis media Korut memberitakan Kim dan Xi bertemu dengan senyum lebar di Bandara Pyongyang. Mereka kemudian berkendara untuk menghadiri "Game Massal".

Penampilan Game Massal bertajuk "Sosialisme Tak Terkalahkan" dipersiapkan khusus bagi kunjungan China. Termasuk lagu "Tanpa Partai Komunis, Tidak Ada China Baru" dan "Aku Cinta China".

Sementara harian resmi Partai Buruh Rodong Sinmun membuat edisi khusus Jumat di mana delapan dari 10 halaman diperuntukkan tentang tulisan dan foto Xi.

KCNA mengutip ucapan Kim yang mengatakan kepada Xi bahwa kunjungannya ke Pyongyang sangat "krusal" untuk menunjukkan pada dunia persahabatan dua negara tak tergantikan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.