Kompas.com - 20/06/2019, 09:53 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping dilaporkan sudah meninggalkan negaranya untuk melakukan kunjungan perdananya ke Korea Utara (Korut) dan bertemu Kim Jong Un.

Xi merupakan Presiden China dalam 14 tahun terakhir setelah hubungan dua negara merenggang buntut keputusan Beijing mendukung sanksi PBB atas program nuklir Korut.

Xi dan Kim pun berupaya mencairkan hubungan bilareral. Kim pun empat kali berkunjung ke China dalam satu tahun terakhir, dengan China meminta sanksi bisa diperlunak.

Baca juga: Xi Jinping Sebut Hubungan China dengan Korea Utara Tak Tergantikan

Berdasarkan media CCTV via AFP Kamis (20/6/2019), Xi terbang ke Pyongyang bersama istrinya, Peng Liyuan, Menteri Luar Negeri Wang Yi, dan pejabat lain.

Bendera China pun dilaporkan sudah dinaikkan di lokasi pertemuan dan sepanjang jalan di Pyongyang dalam kunjungan yang bakal berdurasi dua hari itu.

Lim Eul-chul, profesor studi Korut di Universitas Kyungnam mengatakan, kunjungan Xi bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan pengaruh mereka di kawasan.

Selain itu bagi Korut, kunjungan Xi ingin menunjukkan kepada Amerika Serikat bahwa mereka masih mendapat dukungan. "Juga memberi pesan untuk menghentikan tekanan maksimumnya," terang Lim.

Negosiasi antara Kim dengan Presiden AS Donald Trump buntu dalam pertemuan terakhir di Vietnam akhir Februari lalu di mana AS menyebut Korut meminta sanksi dicabut sebelum nuklirnya diserahkan.

Sementara perundingan China dengan AS terkait masalah perdagangan juga buntu, dengan pertemuan itu terjadi jelang pelaksanaan KTT G20 di Osaka, Jepang, akhir bulan ini.

Dalam opini yang dirilis media Korut, Xi memuji hubungan persahabatan "tak tergantikan", dan menawarkan "rencana besar" bagi stabilitas kawasan Asia Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.