Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Beri Kado Sekotak Es Krim untuk Ulang Tahun Xi Jinping

Kompas.com - 16/06/2019, 09:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DUSHANBE, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin memberi kado yang tidak bisa kepada Presiden China Xi Jinping yang berulang tahun ke-66 pada Sabtu (15/6/2019).

Kedua pemimpin negara itu bertemu di Dushanbe, ibu kota Tajikistan, sebelum pertemuan puncak yang dihadiri delegasi dari 27 negara.

Putin menghadiahi rekannya itu sekotak besar penuh dengan es krim Rusia, selain juga kue dan sebuah vas.

"Selamat ulang tahun, harapan terbaik dari saya untuk Anda.. Saya sangat senang memiliki teman seperti Anda," kata Putin kepada Xi seperti dikutip situs resmi Kremlin.

"Kami datang membawa hadiah yang bagus," kata Putin merujuk pada sekotak besar penuh berisi es krim, di saat suhu di Dushanbe saat itu mencapai lebih dari 30 derajat celcius.

Baca juga: Putin Penuhi Permintaan Khabib Nurmagomedov Bangun Sekolah

"Seluruh tim kami, atau bahkan dapat saya katakan seluruh bangsa kami, mengharapkan yang terbaik bagi Anda di dunia, karena Anda telah melakukan banyak hal untuk perkembangan hubungan antara kedua negara kita," lanjut Putin.

Sebuah foto menunjukkan Xi dan Putin memegang gelas sampanye dan bersulang.

"Anda mendapat tempat yang luas di hati rakyat China," ujar Xi membalas ucapan Putin, dikutip AFP.

Kedua pemimpin negara itu telah bertemu pekan lalu saat kunjungan selama tiga hari Xi ke Rusia. Keduanya menandatangani pernyataan bersama tentang pengembangan kemitraan dan kerja sama strategis.

Penandatanganan kerja sama juga dilakukan antara perusahaan-perusahaan besar dari China dan Rusia.

Keduanya kembali bertemu di Tajikistan untuk menghadiri pertemuan puncak kelima Konferensi Interaksi dan Tindakan Membangun Kepercayaan di Asia (CICA), yang dihadiri delegasi dari 27 negara, termasuk Iran dan Qatar.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengeksplorasi ide guna menstabilkan kawasan Asia di tengah geopolitik yang semakin bergejolak.

Baca juga: Presiden China Hadiahkan 2 Ekor Panda kepada Putin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com