Kompas.com - 19/06/2019, 09:43 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel membuat publik khawatir ketika menerima kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Berlin Selasa (18/6/2019).

Kanselir 64 tahun itu tengah berdiri di samping Zelensky dengan band militer memainkan lagu kebangsaan dua negara ketika kamera merekamnya kejang-kejang.

Baca juga: Polisi Buru Penjual Obat yang akibatkan 4 Pemuda Kejang-kejang Setelah Minum Kopi

Di tengah suhu yang mencapai 28 derajat Celsius seperti dilaporkan Sky News, Merkel mulai kejang-kejang beberapa detik kemudian dengan bibor mengatup.

Dia berusaha mengendalikan situasi dengan pandangan menatap lurus ke depan. Momen selanjutnya, dia mulai lebih baik dan dengan cepat berjalan menyusuri karpet merah.

Dalam konferensi pers dikutip BBC, Merkel mengatakan dia mengalami dehidrasi sehingga membuat tubuhnya bergetar. "Saya minum tiga gelas air. Jadi rasanya lebih baik," paparnya.

Sementara Zelensky yang terpilih sebagai presiden pada Mei lalu bergurau, dia bakal segera menyelamatkannya jika tahu sang kanselir bakal kejang-kejang.

"Dia berdiri tepat di sebelah saya dan sepenuhnya baik-baik saja," ujar presiden yang sbeelumnya merupakan seorang aktor sekaligus pelawak itu.

Merkel kemudian menjelaskan bahwa dia dan Zelensky membicarakan isu bilteral. Termasuk di dalamnya proses perdamaian Minsk dalam kunjungan perdana Zelensky.

Tidak diketahui apakah Merkel mempunyai masalah kesehatan. Namun DPA memberitakan ini bukan kali pertama pemimpin berpengaruh Eropa itu kejang di cuaca panas.

Laporan itu tidak memberitakan detil kapan dan di mana Merkel mengalaminya. Namun Merkel saat itu juga menyatakan dia mengalaminya karena kurang air putih.

Pada 2014, Merkel sempat menunda wawancara televisi setelah merasa lemah. Namun juru bicaranya mengonfirmasi dia kembali pulih setelah makan dan minum.

Baca juga: Selamatkan Balita Kejang-kejang, Polisi Ini Dapat Penghargaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC,Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.