Kompas.com - 23/05/2019, 03:20 WIB

DELHI, KOMPAS.com - India mengungkapkan perkembangan terkini dari rudal supersonik yang tengah dikembangkan bersama dengan Rusia.

Disebutkan bahwa baru-baru ini, uji coba telah berhasil dilaksanakan untuk rudal jelajah yang diklaim tercepat di dunia tersebut.

Dalam pernyataan pada Rabu (22/5/2019), India mengatakan rudal telah melalui uji tembak dari jet tempur dan berhasil mencapai sasaran di darat.

Rudal supersonik BrahMos yang diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 3.450 kilometer per jam itu dilaporkan akan segera dapat dijual ke luar negeri.

Dikatakan bahwa kecepatan rudal tersebut satu setengah kali lebih cepat dibandingkan dengan jet supersonik Concorde versi lama.

Baca juga: Putin Klaim Rusia Berhasil Luncurkan Rudal Balistik Supersonik

Kementerian Pertahanan India mengatakan, rudal seberat 2,5 ton dengan jarak jangkauan sekitar 300 kilometer itu berhasil ditembakkan melalui jet tempur Rusia, Sukhoi Su-30, yang diubah secara khusus.

"Peluncuran dari pesawat jet berjalan lancar dan rudal meluncur mengikuti lintasan yang diinginkan sebelum mengenai sasaran di darat," kata kementerian dalam pernyataannya, Rabu (22/5/2019), dikutip AFP.

Laporan tersebut tidak memuat rincian mengenai lokasi uji coba maupun modifikasi rumit yang dilakukan pada jet tempur Rusia.

Tes pertama rudal tersebut telah dilakukan pada November 2017 dengan menggunakan target laut.

India pun mengklaim sebagai negara pertama yang berhasil menembakkan rudal udara-ke-darat dengan kecepatan Mach 2,8.

Halaman:
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.