Jelang Kaisar Akihito Turun Takhta, Polisi Jepang Kerahkan Penyelam dan Anjing Pelacak

Kompas.com - 29/04/2019, 19:45 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Pada Selasa besok (30/4/2019), sebuah momen bersejarah bakal terjadi di mana untuk pertama kalinya dalam 200 tahun terakhir, seorang Kaisar Jepang bakal turun takhta.

Kaisar Akihito bakal menyerahkan tampuk Takhta Chrysanthemum kepada Putra Mahkota Naruhito yang bakal secara resmi berkuasa keesokan harinya (1/5/2019).

Karena itu sebagaimana diberitakan Reuters via Asia One Senin (29/4/2019), polisi Jepang melakukan penjagaan untuk memastikan perhelatan abdikasi itu berjalan lancar.

Baca juga: Dua Bilah Pisau Ditemukan di Meja Sekolah Cucu Kaisar Akihito

Mereka meningkatkan pemeriksaan dengan penyelam bergerak menyisir parit dengan anjing pelacak dikerahkan untuk mengendus semak-semak di Istana Kekaisaran.

Selain mengerahkan anjing pelacak, polisi juga menggunakan tongkat besi untuk memeriksa jika ada benda mencurigakan yang tersembunyi di area seluas 115 hektar itu.

Akses publik ke plaza yang berlokasi di depan istana bakal ditutup selama upacara abdikasi dan upacara penobatan yang berlangsung selama dua hari.

Sumber dari kepolisian menuturkan, keamanan bakal semakin diperketat di kediaman Putra Mahkota Naruhito yang berada di kawasan Istana Akasaka.

"Kami akan meningkatkan keamanan guna mencegah perilaku seperti aksi teroris yang bisa terjadi di dekat Istana Akasaka maupun jalan sekitar," ujar sumber tersebut.

Kyodo News memberitakan ribuan polisi diterjunkan untuk menyediakan keamanan ketika upacara penobatan dan kehadiran warga Jepang untuk mengucapkan selamat kepada Naruhito Kamis (2/5/2019).

Persiapan jelang upacara turun takhta dan penobatan begitu dirasakan Mariko Hiratsuka yang sepekan sekali jogging dengan temannya di sekitar istana.

"Saya merasa melihat lebih banyak polisi hari ini. Saya melihat lebih banyak orang dibanding sebelumnya, terang warga berusia 36 tahun tersebut.

Polisi menolak berkomentar terhadap pemberitaan media setempat terkait penemuan dua bilah pisau di meja kelas Pangeran Hisahito, cucu Kaisar Akihito.

Rekaman kamera pengawas menunjukkan seorang pria yang menyamar sebagai pekerja konstruksi memasuki halaman sebuah SMP yang berlokasi di Tokyo, tempat Hisahito bersekolah.

Baca juga: Inilah Nama Era Baru Kekaisaran Jepang, Reiwa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Asia One


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.