Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiriman Pertama Bantuan Kemanusiaan Palang Merah Tiba di Venezuela

Kompas.com - 16/04/2019, 22:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

CARACAS, KOMPAS.com - Paket bantuan kemanusiaan yang dikirim melalui Palang Merah Internasional telah tiba di Venezuela, pada Selasa (16/4/2019).

Bantuan itu menjadi kiriman pertama bantuan kemanusiaan yang masuk ke Venezuela menyusul persetujuan dari pemerintah Presiden Nicolas Maduro.

Dilansir AFP, kiriman bantuan tersebut tiba di Bandara Caracas, memuat bantuan di antaranya obat-obatan dan persediaan medis yang sangat dibutuhkan. Demikian disampaikan pejabat Venezuela dengan syarat anonim.

Foto yang beredar di media sosial menunjukkan, kotak-kotak kardus dengan simbol Palang Merah dan Bulan Sabit Merah tampak dimuat ke dalam truk-truk di bandara internasional Maiquetia.

Baca juga: Maduro: Venezuela Siap Terima Bantuan Internasional

Masuknya bantuan kemanusiaan ke Venezuela setelah pekan lalu, Maduro dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mencapai kesepakatan, yang sebelumnya selalu ditolak oleh Maduro karena dianggap kamuflase untuk invasi pasukan AS.

Maduro telah berulang kali menyangkal situasi krisis di Venezuela dan menyalahkan AS atas kesulitan ekonomi yang dirasakan rakyat negara itu.

Dia bahkan memerintahkan militer untuk menutup sejumlah perbatasan negara dengan Kolombia, Brasil, dan perairan Laut Karibia demi mencegah masuknya bantuan asing.

Namun Maduro telah melunak dan bersedia menerima bantuan dari komunitas internasional dengan syarat harus tetap menghormati tatanan hukum yang berlaku di Venezuela.

Venezuela telah jatuh dalam krisis berkepanjangan setelah anjloknya harga minyak dunia, yang menjadi ketergantungan negara itu.

Situasi diperburuk konflik politik dengan oposisi yang menyatakan diri sebagai presiden sementara dan mendapat dukungan dari lebih 50 negara di dunia.

Maduro menyalahkan pihak Amerika Serikat dengan sanksinya yang telah menyebabkan perekonomian rakyat terpuruk.

Menurut data PBB, hampir seperempat dari 30 juta rakyat Venezuela saat ini membutuhkan bantuan.

Sebanyak 3,7 juta warga kini mengalami kekurangan gizi dan setidaknya 22 persen anak balita menderita malnutrisi kronis.

Baca juga: Pompeo Sebut China Biang Krisis Venezuela, Beijing: Bohong Tetaplah Bohong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com