Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Aksesoris dengan Ornamen Nazi, Supermarket Perancis Minta Maaf

Kompas.com - 02/04/2019, 22:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WARSAWA, KOMPAS.com - Jaringan supermarket Perancis, Auchan, yang memiliki cabang di Polandia, menuai kecaman setelah kedapatan menjual aksesoris dengan ornamen simbol Nazi.

Jaringan supermarket itu mengaku sempat menjual sabuk militer dengan ornamen swastika Nazi di toko-toko di Polandia.

"Penawaran produk kami pada 2018 memang termasuk sabuk uang dari produsen Polandia, meski jaringan kami tidak menyadarinya," kata juru bicara Auchan Polandia, Dorota Patejko, pada Selasa (2/4/2019).

"Itu menjadi kesalahan kami dan kami sangat menyesalinya," tambahnya kepada AFP.

Baca juga: Bikin Coretan Gambar Swastika dan Tulisan Hail Hitler, Bocah 12 Tahun Ditahan

Patejko mengatakan, saat ini pihak perusahaan sedang memeriksa setiap toko jaringan Auchan di seluruh Polandia dan akan menarik seluruh produk tersebut.

"Hanya ada satu sabuk uang dengan simbol Nazi yang telah ditemukan sejauh ini dan sudah ditarik dari rak," ujar Patejko.

Temuan itu bermula dari seorang wanita yang mengaku membeli sebuah sabuk di salah satu toko Auchan di selatan kota Krakow.

Wanita itu tidak menyadari saat membeli sabuk dengan kain motif kamuflase dan potongan teks yang dibelinya, hingga dia melihat adanya lambang swastika pada sabuk itu.

"Saya terkejut. Saya telah berkeliling dengan sabuk uang dengan simbol Nazi selama berminggu-minggu," ujarnya dikutip surat kabar harian setempat, Gazeta Krakowska, pada Senin (1/4/2019).

Polandia termasuk salah satu wilayah yang sempat diduduki oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia II dan undang-undang yang berlaku di negara itu saat ini melarang penggunaan simbol-simbol Nazi, termasuk swastika.

Penyebaran ideologi Nazi dapat diancam dengan hukuman denda atau penjara hingga dua tahun.

Baca juga: Logo Mirip Swastika, Salon Rambut di Taiwan Tuai Keluhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com