Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2019, 17:43 WIB

KOMPAS.com – Oliver Pollock, dikenal sebagai pengusaha sekaligus patriot pada masa Perang Revolusi Amerika Serikat. Saat itu ia menyumbangkan 300.000 peso atau setara dengan 1 miliar dollar AS hari ini, untuk perjuangan kemerdekaan Amerika.

Selain sebagai pengusaha, dunia juga mengenal sosok Pollock sebagai penemu simbol dollar yaitu "$". Simbol itu masih digunakan hingga saat ini.

Simbol berbentuk huruf "S" dengan goresan dua garis vertikal di tengahnya itu ditemukan secara tidak sengaja hari ini 241 tahun yang lalu, tepatnya pada 1 April 1778.

Dikutip dari Reader Digest, simbol ini didapat dari tulisan tangan Pollock. Ia menuliskan PS dengan aksara latin dengan garis meliuk, khas tulisan gaya lama, sehingga huruf P dan S yang ia tulis bertumpukan dan menyerupai simbol dollar saat ini.

Tulisan itu terdapat dalam secarik kertas yang ia simpan di sebuah buku saat menuliskan harta warisan yang ia miliki, tepatnya di bagian kanan bawah. "$ 8.613".

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penggunaan Obat Bius untuk Kali Pertama

Asal simbol dollar berasal dari tulisan tangan Oliver Pollockfaqbite Asal simbol dollar berasal dari tulisan tangan Oliver Pollock

Diruntut dari sejarahnya, PS merupakan singkatan dari kata Peso. Peso pun merupakan penyederhanaan  dari peso de ocho, sebutan bagi koin perak yang diciptakan oleh Spanyol dari hasil jajahannya di Amerika Selatan.

Meskipun berasal dari koin ciptaan Spanyol, simbol dollar dibuat oleh Pollock yang berkebangsaan AS.

Pada abad ke-16, Spanyol melakukan penjelajahan sampai ke kawasan Amerika yang saat ini menjadi Mexico, Peru, dan Bolivia. Kawasan ini kaya akan kandungan perak.

Pada saat yang sama, persediaan perak di Eropa berkurang, jadi Peso Spanyol digunakan sebagai koin utama perdagangan internasional.

Kembali ke PS, ia ditulis dengan cara ditumpuk, huruf S dituliskan utuh, kemudian huruf P (hanya batang) dituliskan di atasnya, jadilah $.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, RCA Merilis Televisi Berwarna Pertama di Dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.