Kompas.com - 22/03/2019, 19:45 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Pemenang Penghargaan Nobel Perdamaian Malala Yousafzai kembali muncul dan bersuara.

Kali ini, dia mendesak agar KTT G20 pada Juni mendatang yang digelar di Jepang meningkatkan pendanaan baru untuk pendidikan anak-anak perempuan.

Berbicara dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyp, Jumat (22/3/2019), Malala menekankan pentingnya berinvestasi pada anak perempuan untuk pertumbuhan ekonomi masa depan dan stabilitas global.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Malala Yousafzai, Melantang bagi Pendidikan Anak

"Sebagai ketua G20 tahun ini, saya berharap Perdana Menteri Abe di Jepang akan memimpin pendidikan anak perempuan," katanya, seperti diwartakan AFP.

"Saya mendorong semua pemimpin untuk berkomitmen pada pendanaan baru guna mempersiapkan anak perempuan bagi masa depan pekerjaan mereka," imbuhnya.

Dia juga berharap, negara-negara yang tergabung dalam G-20 dan di seluruh dunia menyadari potensi penuh para perempuan dalam dunia kerja melalui pendidikan.

Malala telah menjadi simbol global bagi pendidikan anak perempuan dan HAM.

Saat Taliban menguasai Pakistan, kelompok itu melarang perempuan bersekolah dan kegiatan budaya seperti menari, bahkan menonton televisi juga tidak diperbolehkan.

Sebagai remaja yang begitu peduli dengan dunia pendidikan, Malala menulis blog mengenai kehidupan di bawah ancaman Taliban yang menolak pendidikan.

Identitasnya disembunyikan sehingga dia memakai nama samaran sebagai Gul Makai.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.