Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga Diduga Terdampak Gas Limbah Beracun, Malaysia Liburkan 34 Sekolah

Kompas.com - 13/03/2019, 19:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Otoritas Malaysia telah menginstruksikan untuk meliburkan 34 sekolah, usai adanya laporan ratusan orang mengalami gangguan kesehatan diduga akibat limbah beracun yang dibuang ke sungai.

Sekitar 300 orang, banyak di antaranya anak-anak, dilaporkan mengalami gejala keracunan seperti mual dan muntah, sehingga harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Gangguan kesehatan tersebut dirasakan warga setelah menghirup gas beracun yang ditimbulkan dari limbah di sungai. Demikian diberitakan Bernama, dikutip AFP, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Tercemar Limbah Beracun, Air Sungai di AS Berwarna Kuning Cerah

Gas beracun tersebut muncul setelah sebuah truk diyakini membuang limbah ke sungai di dekat kota industri Pasir Gudang, Johor Bahru, Johor.

Belum diketahui secara pasti jenis gas beracun yang ditimbulkan dan tersebar di wilayah tersebut hingga menimbulkan dampak keracunan.

Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik mengatakan, pihaknya telah mengunjungi kawasan yang dilaporkan terpapar gas dan limbah.

Setelah melihat adanya korban anak-anak yang dilarikan ke rumah askit menggunakan ambulans, pihaknya langsung menginstruksikan untuk meliburkan sementara sebanyak 34 sekolah yang berada di kawasan terdampak.

"Sayangnya, situasi ini telah menjadi kritis. Kementerian pendidikan memandang masalah ini secara serius karena telah melibatkan keselamatan siswa, guru, dan karyawan sekolah," kata Maszlee.

Sementara itu, pihak berwenang dilaporkan telah menahan satu pria yang diduga terlibat melakukan pembuangan limbah beracun di Johor. Dia akan didakwa di pengadilan secepatnya pada Kamis (14/3/2019).

"Tersangka terancam hukuman lima tahun penjara apabila terbukti bersalah telah melanggar undang-undang perlindungan lingkungan," kata Menteri Lingkungan Malaysia Yeoo Bee Yin.

Baca juga: Ratusan Orang Keracunan, Semua Gerai KFC di Mongolia Ditutup Sementara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com