Kompas.com - 26/02/2019, 15:40 WIB

MALAGA, KOMPAS.com - Sejumlah penumpang maskapai British Airways harus merasakan ketegangan pesawat yang mereka tumpangi menghadapi angin kencang.

Pilot dengan nomor penerbangan BA492 yang lepas landas dari Bandara Heathrow di London menuju Gibraltar, terpaksa mendarat darurat pada Senin (25/2/2019).

Angin kencang memaksa pesawat Airbus A320 mendarat di Malaga, Spanyol.

Baca juga: Videonya Tertidur Saat Terbangkan Pesawat Viral, Pilot Senior Ini Dihukum

"Akibat angin kencang di wilayah Gibraltar, pilot kami memutuskan untuk mendarat di Malaga sebagai tindakan pencegahan," kata juru bicara British Airways, seperti dikutip dari Global News.

"Keselamatan penumpang dan kru selalu prioritas utama kami," lanjutnya.

Akhirnya, penumpang melanjutkan perjalanan menuju tujuannya di Gibraltar dari Malaga dengan menggunakan bus.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan detik-detik pesawat oleng ke kanan dan kiri beberapa kali saat terbang di atas perairan.

Laporan CNN menyebutkan, peristiwa itu terjadi pada pukul 12.20 waktu setempat. Sekitar 21 menit kemudian, pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Malaga.

"Saya bekerja di bandara, dan sedang ditutup karena angin kencang," kata Richard Whalley, yang merekam momen pesawat tersebut menghadapi angin kecang.

"Saya mendengar suara mesin keras jadi saya melihat keluar, dan saya melihat pesawat melakukan manuver yang ganjil," imbuhnya.

Baca juga: Belum Bayar Sewa Pesawat, Hong Kong Airlines Digugat

Sebagai informasi, Bandara Internasional Gilbraltar masuk dalam salah satu bandara paling berbahaya di dunia versi Forbes.

Landasan pacu di bandara itu diawali dan berakhir dengan perairan, yang bersilangan dengan jalan utama, Winston Churchill Avenue.

Lampu lalu lintas dipasang untuk menghentikan kendaraan agar tidak bertabrakan dengan pesawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.