Kompas.com - 25/02/2019, 21:43 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com - Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido bakal menggelar pertemuan dengan sejumlah pemimpin negara lain di Bogota, Kolombia.

Dilaporkan AFP Senin (25/2/2019), salah satu agenda pertemuan itu adalah mendiskusikan strategi mendongkel Presiden Nicolas Maduro dari kekuasaannya.

Kabar pertemuan itu muncul setelah dua orang tewas dan ratusan pendukung Guaido terluka saat bentrok dengan pasukan di tengah upaya membawa bantuan dari Kolombia dan Brasil.

Baca juga: Setelah Brasil, Maduro Pertimbangkan Tutup Perbatasan Kolombia demi Cegah Bantuan Masuk

Uni Eropa mengecam penggunaan kekerasan untuk mencegah bantuan masuk. Sementara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berkata dia "terkejut dan sedih".

Guaido, politisi 35 tahun yang menjabat sebagai Ketua Dewan Nasional, mendeklarasikan dirinya sebagai presiden sementara pada Januari lalu.

Setidaknya 50 negara mengakui deklarasi Guaido. Termasuk di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Guaido bertolak menuju Bogota pada Minggu (24/2/2019) untuk bertemu anggota Lima Group berisi 13 anggota Amerika Latin plus Kanada.

Pertemuan untuk mencaro solusi atas krisis Venezuela tersebut juga bakal dihadiri AS dengan Gedung Putih mengirimkan Wakil Presiden Mike Pence.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berkata dia yakin masa rezim Maduro yang berkuasa sejak 2013 itu hanya tinggal "menghitung hari".

Pompeo menyalahkan kekerasan di perbatasan terjadi karena keberadaan loyalis sipil Maduro yang dipersenjatai, dikenal dengan colectivos.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.