Kompas.com - 25/02/2019, 19:22 WIB

KOMPAS.com - Pada 1963, dia menghabiskan hampir tiga hari di ruang angkasa dan mengorbit bumi selama 48 kali dalam kapsulnya, Vostok 6.

Dia adalah Valentina Tereshkova, perempuan pertama yang pergi ke luar angkasa.

Lahir di sebuah desa, Tereshkova berhasil menempuh perjalanan ke ruang angkasa. Kemudian dia berkeliling dunia untuk mempromosikan sains Uni Soviet dan terlibat politik.

Kehidupan awal

Anak kedua dari tiga bersaudara ini lahir dari pasangan Vladmimir Tereshkova dan Elena Fyodorovna Tereshkova pada 6 Maret 1937.

Valentina Tereshkova lahir di Bolshoye Maslennikovo, sebuah desa di dekat Sungai Volga, sekitar 22 km dari timur laut Moskwa.

Orangtuanya bekerja sebagai petani di lahan kolektif. Namun, sejak kecil dia tidak bisa merasakan kasih sayang ayahnya, yang terbunuh dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: George Washington, Pendiri dan Presiden Pertama AS

Sang ibu membesarkan ketiga anaknya, Ludmilla, Valentian, dan Vladimir, dengan bekerja di pabrik tekstil. Valentina mulai bersekolah pada usia 8 tahun. Pada 1954, dia bekerja di pabrik tekstil.

Tekadnya untuk meniti karier membuatnya tak kenal kata menyerah untuk mendapat pendidikan. Dia melanjutkan studinya melalui kursus korespondensi dan belajar terjun payung di waktu luangnya.

Karier kosmonot

Setelah terinspirasi oleh Yuri Gagarin yang menjadi pria pertama di luar angkasa pada 1961, Valentina mengikuti program sukarela untuk pemerintah.

Berkat kemampuannya terjun payung sebanyak 126 kali, Valentina terpilih dalam latihan sebagai seorang kosmonot pada program luar angkasa Soviet 1962.

Bersama dengan empat perempuan lainnya, dia dilatih selama 18 bulan, termasuk tes untuk memastikan bagaimana dia bereaksi selama periode panjang sendirian, kondisi gravitasi ekstrem, dan gravitasi nol.

Valentina Tereshkov. (Shutterstock via Britannica) Valentina Tereshkov. (Shutterstock via Britannica)
Dari lima perempuan yang dilatih, hanya Valentina yang diizinkan untuk mengorbit.

Dia dipilih untuk mengemudikan Vostok 6. Sebelumnya, Soviet meluncurkan kosmonot Valeriy Bykovsky dengan Vostok 5 pada 14 Juni 1963.

Menyusul kemudian, misi Valentina diluncurkan dua hari setelahnya. Pada pukul 12.30, 16 Juni 1963, dia meluncur ke luar angkasa.

Dengan menggunakan radionya, dia melaporkan sejumlah pemandangan yang dilihatnya.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Geronimo, Pejuang dari Suku Apache

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.