Kompas.com - 21/02/2019, 16:29 WIB

KOMPAS.com - Penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell merevolusi arus informasi di dunia, yang mengakibatkan kita lebih mudah dalam berkomunikasi.

Pada 21 Februari 1878, buku telepon perdana dirilis. Buku ini hadir untuk menyimpan semua nomor telepon yang terdaftar di New Heaven, Connecticut, Amerika Serikat.

Adapun yang menjadi pelopor dari pembuatan buku telepon adalah George Williard Coy. Dia berhasil menghadirkan jaringan telepon dan buku telepon dari kertas karton. Dalam buku tersebut, terdapat 11 nomor rumah, 38 pelaku bisnis, dan kantor kepolisian di New Haven Connecticut, AS.

Nomor telepon merupakan komponen penting dan menjadi identitas pemiliknya. Kita tak bisa menghubungi seseorang tanpa mengetahui nomor telepon yang bersangkutan.

Berikut fakta menariknya:

1. Awalnya tergantung operator

Para kru mempersiapkan panggilan teleponHistory Para kru mempersiapkan panggilan telepon
Saat menggunakan layanan sebuah jaringan, pengguna perlu lebih dulu menghubungi jasa operator untuk bisa dihubungkan ke nomor tujuan. Namun, sistem ini dipertanyakan oleh Moses Greeley Parker dari Lowell, Massachusetts.

Ketika seorang operator sedang sakit, maka operator pengganti akan berjuang untuk menggantikannya dan dinilai kurang efisien.

Sistem ini terus dibenahi dengan memberikan nomor kepada masing-masing instansi agar seseorang bisa langsung menghubungi tanpa perantara operator.

Hasilnya, sampai sekarang kita bisa langsung menghubungi nomor tujuan tanpa harus melalui operator penghubung terlebih dahulu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Penggunaan Buku Telepon Pertama di Dunia

2. Pernah diawali huruf

Saat ini kebanyakan nomor telepon selalu tersedia dengan barisan angka, misalnya 0856-xxxx. Namun, pada era 1930-an nomor telepon terselipkan huruf abjad di depannya sebagai kode.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.