Kompas.com - 12/02/2019, 11:02 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com — Mariza, bukan nama sebenarnya, datang ke Kolombia dari Venezuela dengan satu tujuan: mendapat kehidupan yang lebih baik.

Berbekal pengalamannya sebagai perawat bersertifikat, dia mencoba peruntungannya di sana. Nyatanya, tidak ada lapangan pekerjaan yang dia temui.

Karena tidak mendapat pekerjaan satu pun, bahkan sebagai tenaga kebersihan, dia memutuskan untuk melakukan hal yang sebelumnya tidak dia bayangkan.

Baca juga: Tembak PSK yang Tolak Melayaninya, Kakek 89 Tahun Dipenjara

"Melayani satu pria hari ini, dan satu pria besoknya," kata Mariza membuka kisahnya berada di dalam dunia prostitusi, dikutip CNN, Senin (11/2/2019).

Menjadi pekerja seks komersial (PSK), Mariza sadar bahwa keputusan yang diambilnya tidak mudah dan sangat berbahaya.

"Namun, sebagai seorang ibu, saya tidak bisa hanya sekadar berpikir. Saya harus melakukan apa yang perlu dilakukan," tegasnya.

Mariza merupakan satu dari banyak warga Venezuela yang memlih untuk keluar dari negaranya sejak krisis ekonomi menghantam.

Ketika masih di Venezuela, pekerjaan Mariza sebagai perawat selama 15 hari hanya cukup untuk membeli sekantong tepung di toko yang hanya buka setiap dua hari sekali.

Mariza mengungkapkan, masyarakat bakal mengantongi tiket dan menunggu di toko kelontong itu untuk membeli apa saja yang tersedia di sana.

Kenyataan itu membuat dia memilih untuk meninggalkan ibu dan tiga orang anaknya guna mengadu nasib di Kolombia dua tahun silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber CNN


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.