Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Venezuela, Trump Akan Jamu Presiden Kolombia di Gedung Putih

Kompas.com - 07/02/2019, 15:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump dijadwalkan bakal bertemu dengan Presiden Kolombia Ivan Duque untuk membahas krisis di Venezuela pada pekan depan.

Trump akan menjamu Duque dan ibu negara Kolombia di Gedung Putih pada 13 Februari mendatang. Demikian disampaikan Washington dalam pernyataannya.

"Kunjungan Presiden Duque dan istrinya ke Gedung Putih akan dibangun di atas kemitraan yang kuat yang ada di antara kedua negara dalam mengejar kawasan Barat yang lebih makmur, aman, dan demokratis," kata kantor pers Trump dalam pernyataannya, Rabu (6/2/2019).

Baca juga: Maduro: Trump Perintahkan Kolombia dan Mafia untuk Membunuh Saya

"Upaya untuk mengembalikan demokrasi di Venezuela akan dibahas bersama dengan masalah ekonomi, keamanan regional, dan perang melawan narkotika dan terorisma," lanjut pernyataan itu.

Dalam isu krisis yang melanda Venezuela, Kolombia telah menjadi negara yang menanggung beban eksodus pengungsi dari negara itu.

Sementara AS, yang menolak kembali terpilihnya Nicolas Maduro sebagai presiden dalam pemilihan di Venezuela tahun lalu.

Washington juga menjadi salah satu yang paling pertama menyatakan dukungannya terhadap Juan Guaido, pemimpin oposisi sekaligus ketua Majelis Nasional Venezuela, saat dia mendeklarasikan dirinya sebagai presiden interim.

AS dan Kolombia juga sejalan dalam mendesak Maduro untuk mundur.

Sementara itu, Maduro menuding AS berada dibalik upaya kudeta dan menyebut para pembelot militer yang melarikan diri ke Kolombia telah menjadi tentara bayaran yang bertujuan menjatuhkan pemerintahannya.

Baca juga: Presiden Kolombia Serukan Isolasi Diplomatik terhadap Venezuela

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com