Kompas.com - 27/01/2019, 21:59 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat nirawak atau drone siluman terbaru milik Rusia tertangkap kamera saat ditarik sebuah traktor di lintasan bersalju di Siberia.

Penampakan pesawat tempur udara tanpa awak atau UCAV tersebut diyakini adalah Okhotnik-B, yang selama ini masih dirahasiakan oleh Rusia dan disebut sebagai drone tempur paling mutakhir.

Pakar militer Rusia menyebut gambar drone tempur siluman buatan perusahaan yang juga mendesain jet tempur Sukhoi itu, adalah yang pertama sejak muncul di dunia maya pada 2017.

Menurut sebuah media online penerbangan AS, The War Zone, pada Rabu (23/1/2019), menduga bahwa foto-foto terbaru "Okhotnik-B" tersebut diambil saat tes darat yang dilakukan di Novosibirsk, pada November tahun lalu.

Baca juga: Taiwan Pamerkan Drone Pengintai Jarak Jauh Terbarunya

Informasi itu sesuai dengan yang pernah dilaporkan Interfax, kantor berita independen Rusia, yang pernah melaporkan pada Juni lalu, bahwa drone tempur generasi keenam itu akan menjalani tes pada musim panas tahun lalu dan diperkirakan bakal mulai terbang untuk kali pertama di tahun 2019.

"Terlepas benar atau tidak foto tersebut adalah gambar terbaru dari Okhotnik, atau mungkin desain lain."

"Seandainya foto tersebut benar maka itu adalah bukti terbaru bahwa Rusia tetap berkomitmen dalam pengembangan UCAV secara sembunyi-sembunyi," tulis The War Zone dan dilansir The Moscow Times, Kamis (24/1/2019).

Foto-foto terbaru yang memperlihatkan secara jelas bentuk drone siluman Rusia itu telah tersebar luas di media sosial sejak Kamis lalu.

Masih menurut The War Zone, drone tempur Okhotnik tersebut tampak cukup besar jika dibandingkan dengan traktor yang yang menariknya di lintasan.

Diperkirakan besar pesawat tempur nirawak itu sebanding dengan jet tempur berukuran sedang, namun dengan badan lebih pendek dan bentangan sayap yang lebih panjang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.