Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Telah Melancarkan 700 Serangan Drone ke Pasukan ISIS di Suriah

Kompas.com - 16/10/2018, 19:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Pasukan Pengawal Revolusi Iran mengatakan pihaknya telah melancarkan hingga 700 serangan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak, dengan target kelompok ISIS di Suriah.

"Drone pembom kami telah menjalani hingga 700 operasi militer menggunakan bom pintar terhadap Daesh," kata Brigadir Jenderal Iran Amirali Hajizadeh, menggunakan nama Arab untuk ISIS.

"Serangan drone kami gunakan untuk menghancurkan tank, kendaraan pengangkut personel, mobil serangan bunuh diri, atau meriam 23 milimeter."

"Target-target tersebut adalah penting bagi Daesh dan kami telah dapat mengubah arah pertempuran secara drastis," tambahnya, seperti diberitakan kantor berita Suriah, Fars, pada Selasa (16/10/2018).

Baca juga: Teheran: Mustahil Arab Saudi Mampu Gantikan Pasokan Minyak Iran

Melansir dari AFP, serangan drone militer terakhir digunakan Iran saat menghancurkan target ISIS di Suriah pada 1 Oktober lalu.

Serangan tersebut dilancarkan sebagai balasan atas serangan mematikan yang terjadi pada bulan September saat dilangsungkannya parade militer di kota Ahvaz.

Kelompok ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, meski Teheran tidak terlalu yakin terhadap klaim tersebut.

Dalam serangan drone yang dilancarkan awal bulan ini, Teheran mengirim tujuh drone militer serta enam rudal balistik dengan menargetkan markas ISIS di kota Hajin, Suriah timur, sekitar 24 kilometer utara Albu Kamal yang berbatasan dengan Irak.

Media Iran mengungkapkan gambar yang dipublikasikan menunjukkan drone yang diproduksi lokal yang disebut Saegheh, merupakan tiruan dari drone RQ-170 Sentinel milik AS yang tertangkap oleh Iran pada 2011.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri mengatakan, serangan itu adalah pertama kalinya drone militer mereka digunakan melintasi perbatasan sejumlah negara untuk mencapai target.

Baca juga: Iran Rilis Video Militer Mereka Kejar Kapal Induk AS di Selat Hormuz

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com