Robert Mugabe Klaim Kopernya yang Hilang Berisi Uang Rp 14 Miliar

Kompas.com - 26/01/2019, 13:25 WIB
Mantan presiden Zimbabwe, Robert Mugabe.AFP / JEKESAI NJIKIZANA Mantan presiden Zimbabwe, Robert Mugabe.

HARARE, KOMPAS.com - Uang tunai sebanyak hampir 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar hilang dicuri dari koper milik mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe.

Harian pemerintah Herald mengabarkan, tiga orang disidangkan awal bulan ini dengan dakwaan mencuri tas berisi uang tunai 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2 miliar.

Namun, menurut dokumen pengadilan yang sudah diperbarui yang diperoleh harian Herald, Mugabe mengatakan, uang yang hilang jauh lebih banyak.

Baca juga: Koper Berisi Uang Sejumlah Rp 2,1 Miliar Milik Mugabe Hilang Dicuri

Kasus ini muncul di saat perekonomian Zimbabwe memburuk dengan harga pangan melonjak dua kali lipat dalam sepekan.

Kasus ini masih ditangani pengadilan, tetapi berdasar dokumen pengadilan Mugabe membawa uang itu ke kediamannya di Zvimba.

Uang itu kemudian dia masukkan ke dalam koper berwarna hitam. Peristiwa ini terjadi di saat Mugabe masih menjadi presiden pada 2016.

Sesampainya di Zvimba, Mugabe menyerahkan koper berisi uang itu kepada Constance Mugabe, seorang kerebat yang juga menjadi penjaga kediamannya.

Tersangka lain adalah seseorang yang bekerja menjadi petugas kebersihan saat pencurian itu terjadi antara 1 Desember 2018 hingga awal Januari 2019.

Pada Maret tahun lalu, atau empat bulan setelah dilengserkan dari jabatannya, Mugabe menanyakan koper itu kepada Constance.

Namun, Constance berulang kali mengatakan dia tidak mengetahui keberadaan koper berisi uang tunai itu.

Mugabe kemudian meminta stafnya yang lain untuk mencari koper tersebut. Koper itu akhirnya ditemukan namun uang di dalamnya hanya 78.000 dollar AS atau sekitar Rp 1 miliar.

Harian Herald mengabarkan, tersangka pencuri diduga menghabiskan uang itu untuk membeli mobil, rumah, dan hewan ternak.

"Johane Mapurisa membeli sebuah Toyota Camry dan sebuah rumah bernial 20.000 dollar AS setelah insiden itu," kata jaksa penuntut Tevraishe Zinyemba kepada hakim di pengadilan Chinhoyi.

"Syamore Nhetekwa juga membeli sebuah mobil Honda dan hewan ternak seperti babi dan ternak lain dalam jumlah cukup banyak," tambah Zinyemba.

Baca juga: Pemerintah Zimbabwe Tolak Mengekstradisi Istri Mugabe

Robert Mugabe berkuasa selama 37 tahun di Zimbabwe, pertama menjadi perdana menteri lalu presiden.

Politisi berusia 94 tahun itu kemudian dipanksa meninggalkan jabatannya oleh militer Zimbabbe pada 2017.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X