Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koper Berisi Uang Sejumlah Rp 2,1 Miliar Milik Mugabe Hilang Dicuri

Kompas.com - 10/01/2019, 20:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HARARE, KOMPAS.com - Sebuah koper berisi uang tunai hingga 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar milik mantan presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, telah hilang dicuri.

Tiga orang tersangka pelaku pencurian telah ditangkap dan dihadirkan dalam persidangan yang digelar Rabu (9/1/2019) lalu. Demikian dilaporkan media pemerintah Zimbabwe.

Dilansir dari AFP, ketiga tersangka pencurian, termasuk Constancia Mugabe (50), yang tak lain adalah kerabat mantan presiden, telah mempergunakan uang hasil curian untuk membeli barang-barang mewah dan rumah.

Dalam persidangan yang dipimpin hakim pengadilan, Chinhoyi, tindakan pencurian tersebut dilakukan berkat bantuan Constancia selaku orang dalam yang memiliki kunci akses rumah pedesaan milik Mugabe di Zvmbia.

Baca juga: Pria Ini Tanpa Sengaja Buang Tas Berisi Uang Tunai Rp 260 Juta

Sementara para pelaku lainnya, diketahui adalah pekerja kebersihan yang dipekerjakan Mugabe. Aksi pencurian tersebut dilakukan sekitar 1 Desember 2018 lalu.

Disampaikan jaksa penuntut Teveraishe Zinyemba kepada pengadilan, salah seorang tersangka bernama Johanne Mapurisa, telah menggunakan uang hasil pencurian untuk membeli mobil Toyota Camry dan sebuah rumah senilai 20.000 dollar AS (sekitar Rp 281 juta).

Seorang tersangka lainnya, bernama Saymore Nhetekwa, dilaporkan telah membeli kendaraan dengan merek Honda dan sejumlah hewan ternak, termasuk babi dan sapi. Namun jumlahnya tidak diungkapkan.

Ketiga tersangka yang telah dihadirkan tidak ditahan setelah membayar jaminan. Mereka dijadwalkan kembali hadir dalam persidangan yang akan digelar pada 24 Januari mendatang.

Dilaporkan masih ada satu tersangka lainnya yang hingga kini masih dalam pengejaran petugas.

Mugabe yang memimpin sebagai Presiden Zimbabwe selama 37 tahun digulingkan pada November 2017 setelah militernya melakukan kudeta. Posisinya digantikan oleh mantan wakil presidennya, Emmerson Mnangagwa.

Pemerintahan Mugabe dikenal sebagai pemerintahan yang korup dan telah membawa perekonomian Zimbabwe terpuruk.

Sementara kondisi mantan presiden yang berusia 94 tahun itu terakhir dikabarkan semakin menurun dan sedang menjalani perawatan di Singapura.

Baca juga: Polisi Amankan Uang Palsu Senilai Rp 6 Miliar di Dalam Koper

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com