Kompas.com - 24/01/2019, 11:23 WIB

KOMPAS.com - Sejak Orville Wright dan Wilbur Wright berhasil mengembangkan pesawat pertamanya, banyak pihak yang mulai memesan kendaraan udara itu dari Wright Bersaudara. Bahkan, banyak juga yang mengembangkan pesawatnya sendiri.

Teknologi ini terus berkembang dari tahun ke tahun, hingga tiap negara bisa membuat pesawat dengan keunikan masing-masing.

Tak hanya bisa menjelajah suatu tempat, ambisi tiap negara adalah bisa menghadirkan sesuatu yang besar. Berikut beberapa di antaranya:

1. Spruce Goose

Spruce Goosedailymail Spruce Goose
Spruce Goose merupakan pesawat yang terbuat dari bahan kayu. Pesawat kayu itu memiliki rentang sayap yang hampir sama dengan panjang lapangan sepak bola.

Kapasitas awal dari rancangan pesawat ini didesain untuk membawa lebih dari 700 orang untuk bertempur dalam perang.

Tujuan awal dari pembangunan megaproyek pesawat ini adalah untuk mengangkut para personel untuk membantu dalam peperangan.

Pihak Pemerintah Amerika Serikat akhirnya segera menugaskan kepada Hughes Aircraft Company untuk membangun pesawat terbang yang mampu membawa ratusan orang dan sejumlah material dalam jarak jauh.

Howard Hughes, sebagai desainer dan pendiri dari Hughes Aircraft Company, segera merancang bentuk pesawat tersebut.

Baca juga: 2 November 1947, Pesawat Kayu Raksasa Spruce Goose Mengudara

Karena pembatasan material baja, aluminium dan sejenisnya, Hughes membuat inisiatif membangun pesawat dari kayu yang dilapisi plastik yang ditutup dengan kain.

Raksasa bersayap itu memulai debut pertama dan terakhir pada 2 November 1947. David Grand mendapat amanat menjadi pilot dalam penerbangan ini.

Pesawat ini memiliki lebar sayap 97 meter dan panjang 66 meter dengan menggunakan delapan mesin berbaling-baling raksasa. Pesawat ini enam kali lebih besar dari pesawat pada masanya.

Pengembangan Spruce Goose menghabiskan biaya 23 juta dollar AS yang memakan waktu lama hingga akhir peperangan pada 1946. Berbagai pihak yang terlibat segera menuntut perusahaan untuk bisa melihat percobaan pesawat terbang ini.

Spruce Goose akhirnya berpindah-pindah kepemilikan. Hingga akhirnya sejak 1993, desain pesawat itu ditampilkan di sebuah Museum di McMinnville, Oregon, Amerika Serikat.

2. Antonov 225

Antonov 225 Mriya Reuters Antonov 225 Mriya
Pesawat ini dibangun dengan tujuan awal membawa pesawat ruang angkasa Uni Soviet. Dengan panjang 84 meter dan lebar sayap 88,4 meter, Antonov-225 Mriya menjadi salah satu pesawat terbesar yang ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.