Kompas.com - 15/01/2019, 08:38 WIB

KOMPAS.com - Masa muda merupakan masa paling indah, saat seseorang dengan bebas melakukan apa saja sesuai keinginan. Anak muda dikenal sebagai sosok yang ingin bebas bepergian, berkumpul dengan teman, serta berhubungan dengan berbagai kalangan.

Anak muda selama ini dianggap sebagai sosok yang masih mencari jati diri. Kebebasan ini, seandainya tak ada pembatasan dari orangtua, akan menimbulkan suatu permasalahan.

Kesalahan dalam pergaulan dapat saja mengubah jalan hidup mereka.

Terlepas dari perspektif itu, ada beberapa remaja di berbagai belahan dunia yang melakukan perubahan dan berpengaruh besar terhadap sejarah.

Hal yang dilakukan para remaja ini berbanding terbalik dengan perbuatan remaja lain pada usianya. Berikut ulasannya, dikutif dari Encyclopedia Britannica:

1. Malala Yousafzai

Peraih Nobel pada 2014 Malala Yousafzai berada di Mexico City, Meksiko, 1 September 2017. (AFP/Alfredo Estrella)ALFREDO ESTRELLA Peraih Nobel pada 2014 Malala Yousafzai berada di Mexico City, Meksiko, 1 September 2017. (AFP/Alfredo Estrella)
Pada 2004, seorang anak berusia 17 tahun bernama Malala Yousafzai menjadi penerima Hadiah Nobel Perdamaian termuda.

Remaja dari Pakistan ini menjadi terkenal di seluruh dunia karena keberaniannya menentang Taliban. Saat itu, Malala mengkritik Taliban yang mendiskriminasi perempuan dari hak untuk mendapat pendidikan. 

Dia juga mendorong dan memberikan semangat kepada gadis muda di negerinya untuk melanjutkan pendidikan.

Malala berhasil membuat tulisan yang menggambarkan kehidupan di bawah pemerintahan Taliban.

Dia memberanikan menulis tentang kehidupan di sana dan sampai didengar oleh dunia internasional, terutama saat dia ditembak oleh orang-orang yang diduga merupakan pasukan Taliban.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Malala Yousafzai, Melantang bagi Pendidikan Anak

2. Mary Shelley

Sosok ini dikenal sebagai seorang novelis asal Inggris yang terkenal. Ketika berusia 18 tahun, dia telah menuliskan kisah novel yang terkenal yakni, Frankenstein.

Novel tersebut mengisahkan tentang seorang ilmuwan asal Swiss bernama Victor Frankenstein yang haus akan ilmu pengetahuan. Obsesi terhadap ilmu membuat dia berusaha membuat dan meniru hasil ciptaan Tuhan, yaitu manusia buatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.