Kompas.com - 07/01/2019, 16:17 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan, proses negosiasi masih dilakukan antara AS dengan Korea Utara untuk menentukan lokasi pertemuan puncak keduanya dengan Kim Jong Un.

Pernyataan itu disampaikan Trump menjawab pertanyaan wartawan yang kembali mendesak kepastian rencana pertemuan keduanya dengan Pemimpin Korea Utara.

"Kami sedang merundingkan sebuah lokasi. Akan diumumkan mungkin dalam waktu dekat," ujar Trump, pada Minggu (6/1/2019).

"Mereka ingin bertemu dan kami pun ingin bertemu. Kita akan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya," tambahnya sebelum memasuki helikopter yang akan membawanya ke Camp David di Maryland, guna membahas kesepakatan perdagangan dengan China.

Baca juga: Trump: Saya Mendapat Surat Menakjubkan dari Kim Jong Un

Trump, yang belum lama ini kembali menerima surat dari Kim Jong Un, mengatakan bahwa dirinya memiliki komunikasi yang cukup baik dengan Korea Utara.

"Saya telah berbicara secara tidak langsung dengan Kim," ujar presiden berusia 72 tahun itu.

Trump telah kembali mendapatkan surat yang dikirim oleh Kim Jong Un usai Tahun Baru, yang disebutnya menakjubkan. Namun presiden menolak untuk mengungkapkan isinya.

Sebelumnya diberitakan, Trump menginginkan pertemuan keduanya dengan Ketua Kim dapat dilangsungkan pada awal tahun. Dia bahkan menyebut ingin pertemuan digelar antara bulan Januari dan Februari.

"Saya pikir kami akan melakukan pertemuan segera, pada Januari, Februari. Saya kira," ujar Trump, sembari menambahkan ada tiga tempat yang dimungkinkan untuk lokasi pertemuan keduanya dengan Kim.

Trump telah membanggakan pertemuannya dengan Kim pada Juni tahun lalu di Singapura sebagai sesuatu yang bersejarah dan telah menghindarkan perang dengan negara tertutup itu.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.