Kompas.com - 28/12/2018, 13:34 WIB

AUSTIN, KOMPAS.com - Richard Arvin Overton, veteran Perang Dunia II sekaligus pria tertua di Amerika Serikat meninggal di usia 112 tahun, pada Kamis (27/12/2018).

Overton meninggal dunia di fasilitas rehabilitasi di Austin. Sebelum meningal, dia sempat dirawat di Pusat Medis St David selama sepekan, kemudian dibawa ke fasilitas rehabilitasi saat malam Natal, Senin (24/12/2018).

"Dia meninggal pada Kamis malam di fasilitas rehabilitasi di Austin," ujar sepupunya, Volma Overton Junior, seperti dilansir The Austin Statesman.

Overton, yang lahir di St Mary di Bastrop County, pada 11 Mei 1906, bergabung dengan Angkatan Darat pada 1942, sembilan bulan setelah peristiwa Pearl Harbour.

Baca juga: Veteran Tertua Penyintas Serangan Pearl Harbor Meninggal di Usia 106

Dia bergabung dengan militer selama tiga tahun dan sempat dikirim dalam pertempuran di wilayah Pasifik.

Overton tercatat pernah turun dalam peperangan di Guam, Okinawa, dan Iwo Jima. Pada 1945, setelah Perang Dunia II usai, dia pun meninggalkan militer.

Selama 72 tahun terakhir dalam masa hidupnya, Overton tinggal di Austin Timur dan dia telah sangat dikenal oleh para tetangganya, yang menganggapnya sebagai sosok yang ramah dan mudah bergaul.

Dalam beberapa kali perayaan ulang tahunnya, Overton mengundang semua orang untuk datang ke rumahnya.

Setelah kembali dari medan perang, Overton sempat bekerja di sebuah toko furnitur. Dia kemudian mendapat pekerjaan di kantor keuangan negara di Texas.

Meski telah berusia lebih dari 100 tahun, hingga tahun-tahun terakhir kehidupannya, Overton masih dikenal warga dengan kebiasaannya sekaligus hobinya meminum segelas wiski dan merokok di beranda rumahnya.

Pada tahun 2013, Overton sempat mendapat undangan dari Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama dan wakilnya Joe Biden.

Di tahun yang sama, Dewan Kota Austin mengumumkan hari ulang tahunnya sebagai "Hari Richard A Overton" dan namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di depan kediamannya.

Baca juga: Apa Rahasia Umur Panjang Masazo Nonaka, Pria Tertua di Dunia?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.