Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2018, 07:45 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

WARSAWA, KOMPAS.com - Seorang veteran Perang Dunia II yang ikut menghadapi Nazi saat invasi ke Polandia meninggal dunia dua hari setelah mendampingi cucunya yang menikah.

Angkatan bersenjata Polandia menyebut Bronislaw Karwowski sebagai pahlawan nasional saat mengumumkan kematikan pria berusia 94 tahun itu.

Sebuah rekaman video yang direkam hanya dua hari sebelum kematiannya memperlihatkan pria uzur itu mengiringi cucunya, Joanna di gereja tempat upacara pernikahan digelar.

Baca juga: Identitasnya Dicuri, Rekening Seorang Veteran Perang Berusia 112 Tahun Dibobol

Bronislaw tak hanya mendampingi tetapi juga menyerahkan sang cucu kepada sang suami.

Pria berpangkat mayor ini terlihat bangga kala mengenakan seragam militer penuh tanda penghargaadan di saat yang sama mendampingi cucunya di hari bahagianya itu.

Di belakang Bronislaw dan Joanna beberapa orang prajurit lengkap dengan seragam dan senjatanya mengikuti sebagai bentuk penghormatan terhadap keluarga sang pahlawan.

Pemandangan ini membuat sejumlah tamu yang hadir di gereja itu tak kuasa menahan air mata. Beberapa dari mereka terlihat menyeka air mata yang berlinang.

Sang mempelai pria terlihat menggigit bibirnya saat menanti keduanya berjalan menuju altar.

Dia kemudian berterima kasih dan mencium kedua pipi Mayor Bronislaw Karwowski atas perannya di hari besar itu.

Bronislaw mengatakan, sakit dan usia tua tak akan menghentikan dia untuk menjalankan tugas bagi keluarganya.

Militer Polandia mengatakan, hal serupa sudah dilakukan Bronislaw saat menjalankan tugasnya membela negara.

Di masa Perang Dunia II, Bronislaw ditangkap pasukan Nazi tetapi dia berhasil meloloskan diri dari markas Gestapo di Lomza, wilayah timur laut Polandia.

Pada 1948, ketika komunis berkuasa di Polandia, Bronislaw kembali ditangkap dan kali ini dijatuhi hukuman penjara 10 tahun.

Meski demikian, negara tidak melupakan jasa Bronislaw.Dia mendapatkan banyak penghargaan atas perjuangannya membela Polandia.

Baca juga: Taiwan Sahkan Undang-undang Pemotongan Uang Pensiun Veteran Perang

"Dengan rasa duka kami menyampaikan bahwa hari ini, 1 September 2018, tepat pada peringatan ke-70 serangan Jerman terhadap Polandia, seorang pahlawan nasional dan pelaku pemberontakan Warsawa 1944, telah wafat," demikian pernyataan militer Polandia lewat media sosial.

"Dia adalah Mayor Bronislaw Karwoski yang kini berada di peristirahatan abadi. Dia berusi 94 tahun," masih militer Polandia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com