Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2018, 11:33 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Miss Universe Singapore, Zahra Khanum (24), membuat kehebohan di ajang Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand, dengan gaun unik yang dia kenakan.

Zahra Khanum mengenakan gaun bertema perdamaian, yang mengambil momen pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada Juni 2018 silam.

Gaun yang dikenakan berwarna biru elektrik, dan jika dihamparkan akan terlihat lukisan cetak digital yang memperlihatkan jabat tangan antara pihak Korea Utara dengan AS.

Selain itu, Zahra Khanum juga tampil unik dengan menyematkan sayap yang bentangannya mencapai 3 meter.

Dilansir dari laman The Straits Times, gaun ini dirancang oleh desainer Moe Kasim (48). Kasim mengungkapkan bahwa bagian yang paling sulit adalah menyampaikan pesan bermakna melalui desain menarik.

"Saya harus mempertimbangkan kepekaan politik dan apa arti semua itu bagi Singapura dan komunitas dunia, tanpa adanya salah paham," ujar Kasim kepada The New Paper.

Sementara itu, Khanum mengungkapkan kesannya ketika menjajal gaun itu dan memperlihatkannya kepada publik merupakan suatu yang menakjubkan.

"Kesan pertama saya adalah kostum itu benar-benar terlihat seperti malaikat dan juga mengandung esensi kedamaian dunia," ujar Khanum.

"Kostum itu juga memberikan efek yang sangat tenang dan menenangkan," kata perempuan yang merupakan lulusan Ilmu Sosiologi dari National University of Singapore.

Menurut Khanum, gaun ini mewakili keinginan dari setiap orang, yakni mempromosikan rasa persatuan dan persahabatan.

Ia juga mengakui bahwa dirinya telah membaca dan mencatat isu-isu dunia dan apa yang dikatakan orang-orang, terutama mantan Ibu Negara AS Michelle Obama dan aktris Priyanka Chopra tentang masalah ini.

Bersejarah

Moe Kasim mengaku bahwa gaun ini memang terinspirasi dari pertemuan bersejarah Kim Jong Un dengan Donald Trump yang berlokasi di Singapura.

Kasim merancang gaun bertema perdamaian dunia ini selama tiga bulan.

Tahun lalu, Kasim juga merancang gaun LED Supertree yang dipakai oleh Manuela Bruntraeger sebagai Miss Universe Singapore 2017 yang terinspirasi ikon Gardens By The Bay.

Dia juga merancang gaun bertema "Peranakan" yang dipakai oleh Miss Universe Singapore 2016, Cheryl Chou.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com