Kompas.com - 18/11/2018, 13:49 WIB

HARARE, KOMPAS.com - Sebagian warga Zimbabwe berharap lengsernya pemimpin otoriter Robert Mugabe setahun lalu akan membawa perubahan terhadap ekonomi, dan berakhirnya korupsi serta penindasan.

Namun, selama 12 bulan terakhir, penduduk Zimbabwe masih saja mengalami kesulitan hidup.

Berikut sejumlah fakta tentang kondisi sehari-hari yang dihadapi rakyat dan negara Zimbabwe, seperti dilansir dari AFP, Minggu (18/11/2018):

Hiperinflasi

Harga konsumen pada bulan lalu meroket dengan laju tercepat sejak hiperinflasi satu dekade lalu, dengan inflasi tahunan mencapai 10,9 persen.

Banyak warga Zimbabwe mengatakan, harga-harga jauh lebih tinggi di tingkat riil.

Baca juga: Agen Travel Salah Belikan Tiket, Pasangan Ini Terdampar di Zimbabwe

Sementara itu, uang masih langka. Nasabah terpaksa mengantre hingga di luar bank untuk mendapatkan penarikan terbatas "surat obligasi", yang konon sama dengan dollar AS. Tapi, kenyataannya, nilainya justru lebih sedikit.

Perjuangan hidup harian

Kekurangan kebutuhan sehari-hari seperti roti, daging ayam, minyak goreng, dan bensin lebih memburuk sejak lengsernya Mugabe.

Hal tersebut akibat negara kehabisan mata uang asing untuk membeli barang impor.

Antrean panjang mengular hingga di luar pom bensin dan toko-toko kosong telah menjadi pemandangan biasa. Sementara, persediaan obat juga menjadi langka dan jauh lebih mahal.

Emmerson Mnangagwa (kiri) saat diambil sumpah sebagai Presiden Zimbabwe di stadion di Harare pada Minggu (26/8/2018).AFP / JEKESAI NJIKIZANA Emmerson Mnangagwa (kiri) saat diambil sumpah sebagai Presiden Zimbabwe di stadion di Harare pada Minggu (26/8/2018).
Politik lama berkuasa?

Partai ZANU-PF milik Mugabe dengan mudah memenangkan pemilihan umum pada Juli lalu sehingga memegang kendali kuat parlemen.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.