Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Kenakan Kostum Ku Klux Klan di Kelas, Seorang Guru Diskors

Kompas.com - 16/11/2018, 16:41 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MISSIOURI, KOMPAS.com - Seorang guru di sekolah menengah di AS diskors setelah membiarkan salah seorang siswanya mengenakan kostum anggota kelompok rasis, Ku Klux Klan, saat presentasi di kelas.

Melansir dari New York Post, insiden sensitif itu terjadi di Sekolah Menengah Poplar Bluff di Missiouri, saat siswa diminta melakukan presentasi di kelas sejarah Amerika, pada Jumat (9/11/2018) pekan lalu.

Saat itu salah satu kelompok murid sedang mempresentasikan tentang amandemen ke-15 konstitusi AS yang menjamin hak suara bagi warga Amerika tanpa memandang ras maupun warna kulit.

Salah satu anggota kelompok memperagakan dengan mengenakan jubah serta topeng dari kelompok KKK. Demikian diberitakan stasiun televisi lokal, KFVS.

Baca juga: Beri Hormat ala Nazi, Dua Polisi Jerman Diskors

Akibat hal tersebut, pejabat distrik memutuskan menskors guru yang bersangkutan selama penyelidikan berlanjut.

Namun diyakini, siswa yang mengenakan jubah KKK tersebut tidak bertindak dengan maksud untuk menyinggung atau mendiskriminasikan siswa lain.

Pejabat distrik kini akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa di masa yang akan datang guru dapat menyediakan konteks sejarah sesuai usia siswa pada topik-topik kunci dengan cara yang bertanggung jawab.

"Kami akan memastikan bahwa siswa, guru, dan komunitas kami dapat memahami konteks, memahami apa yang bisa diterima dan apa yang tidak," lanjut Dill.

Surat permintaan maaf dari guru yang bertanggung jawab mengajar saat insiden terjadi telah menulis surat permohonan maaf dan dibacakan di hadapan siswa pada Senin (12/11/2018).

"Saya telah membuat kesalahan pada hari Jumat selama penugasan drama pendek," tulis guru yang dirahasiakan identitasnya.

"Saya membiarkan seorang siswa mengenakan kostum yang tidak pantas dan tidak dapat diterima sehingga melukai perasaan banyak orang."

"Sebagai profesional yang ada di dalam ruangan tersebut, saya seharusnya tahu lebih baik. Karenanya saya meminta maaf," tulis guru itu.

Foto siswa yang mengenakan kostum KKK itu telah tersebar luas di dunia maya, tidak lama setelah foto tersebut diambil pada saat presentasi.

Baca juga: Rekam Muridnya Berkelahi, Guru di AS Diskors

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com