Kompas.com - 13/11/2018, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Dunia tengah berduka atas wafatnya seorang creative mastermind di balik komik Marvel yang terkenal. Stan Lee tutup usia pada 12 November 2018.

Meski demikian, pria berusia 95 tahun itu tetap dikenang sebagai pencipta karakter ikonik Marvel, termasuk Spider-Man, Iron Man, The Incredible Hulk, dan sebagainya.

Kemudian, Marvel menjadi penerbit buku komik paling populer di dunia dan kisah pahlawan supernya diangkat ke layar lebar ala Hollywood.

Bahkan, Stan Lee muncul sebagai cameo di film tersebut, termasuk The Avengers.

Kehidupan awal

Stan Lee memiliki nama asli Stanley Martin Lieber. Dia lahir di New York City pada 28 Desember 1922.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Billie Jean King, Mantan Petenis Nomor Satu Dunia

Orangtuanya merupakan imigran dari Romania, bernama Celia dan Jack Lieber. Dia menghabiskan masa kecilnya di saat Great Depression atau Depresi Besar melanda AS.

Stan Lee ketika masih di militer. (Wikipedia) Stan Lee ketika masih di militer. (Wikipedia)
Stan dan adik kecilnya, Larry, harus menyaksikan orangtua mereka begitu kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Keluarga Lieber terpaksa tinggal di apartemen dengan satu kamar.

Semasa kecilnya, kehidupan Stan dipengaruhi oleh kebiasannya membaca dan menonton film. Namun, dia tidak tertarik membaca komik.

Dia hanya bermimpi suatu hari dapat menulis "The Great American Novel".

Stan menempuh pendidikan di SMA DeWitt Clinton di The Bronx, sambil bekerja paruh waktu seperti menulis berita kematian, siaran pers untuk National Tuberculosis Center, dan juga seorang office boy.

Komik pertama

Lulus SMA pada usia 16, Stan dipekerjakan sebagai asisten editor untuk Timely Comics, yang nantinya berganti menjadi Marvel Comics.

Di situlah menjadi bukti langkah besar terhadap kariernya ke depan. Awalnya, dia memang hanya melakukan pekerjaan kasar, seperti mengisi tinta dan tugas perbaikan lainnya.

Pada 1941, dia berhasil membuat debut pertamanya mengisi teks Captain America dengan menggunakan nama samaran "Stan Lee". Selanjutnya, nama itu dijadikan legal.

Kemudian, dia menciptakan "Destroyer in Mystic Comics No.6", "Jack Frost in USA Comik No.1", dan "Father Time in Captain America No.6".

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Bram Stoker, Penulis Novel Horor Dracula

Ketika dia baru berusia 19 tahun karena kreativitasnya yang meningkat dan adanya konflik di perusahaan, Lee dijadikan editor sementara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
NASIONAL
Anies Baswedan
Anies Baswedan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.