Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Bram Stoker, Penulis Novel Horor Dracula

Kompas.com - 08/11/2018, 21:03 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Abraham Stoker, juga dikenal sebagai Bram Stoker, merupakan penulis berkebangsaan Irlandia yang dikenal karena novel gotik horor Dracula.

Selama hidupnya, dia pernah menjadi asisten pribadi aktor Sir Henry Irving dan manajer bisnis dari Teater Lyceum yang dikelola Irving.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari Bram Stoker.

Baca juga: Pemeran Dracula, Christopher Lee, Meninggal

1. Masa Kecil
Stoker lahir di Marino Crescent, Clontarf, yang terletak di sebelah utara Dublin pada 8 November 1847. Putra dari Abraham Stoker dan Charlotte Mathilda Blake Thornley.

Saat kecil, Stoker lebih sering berbaring di tempat tidur karena menderita penyakit serius, yang membuatnya baru bersekolah di usia tujuh tahun.

Di 1864, Stoker mendaftar ke Universitas Dublin dan masuk ke Trinity College di mana dia belajar Matematika, dan lulus enam tahun kemudian.

Setelah menggamit gelar Master of Arts di Matematika pada 1875, dia menjadi auditor College Historical Society dan Presiden University Philosophical Society.

Baca juga: Kelelawar Drakula Pengisap Darah, Bagaimana Bisa Hidup di Muka Bumi?

2. Awal Karir
Stoker kemudian bekerja sebagai pegawai negeri bagi Kastil Dublin. Selama bekerja, dia juga meluangkan waktunya sebagai penulis bagi koran lokal Dublin Evening Mail.

Saat itu, Stoker menjadi tertarik akan dunia teater melalui temannya Dr Maunsell, dan menjadi kritikus teater di Evening Mail.

Saat itu, profesi kritikus teater dianggap rendah. Meski begitu, Stoker berhasil mendapatkan perhatian berkat kualitas tinjauannya.

Di Desember 1876, dia memberikan tinjauan positif drama Hamlet yang dibawakan Sir Henry Irlandia di Teater Royal, Dublin.

Irving mengundang Stoker makan malam di tempatnya menginap Hotel Shelbourne. Sejak saat itu, keduanya menjadi teman baik.

Di masa itu Stoker mulai menulis cerita, dimulai dari The Crystal Cup yang diterbitkan London Society pada 1872 yang diikuti The Chain of Destiny dalam empat bagian.

Selama menjadi pegawai negeri, dia menulis cerita non-fiksi berjudul The Duties of Clerks of Petty Sessions in Ireland yang terbit pada 1879.

Baca juga: Kastil Drakula Menyambut Tamu dengan Peti Mati

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com