Kompas.com - 27/10/2018, 18:02 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad meminta Najib Razak untuk menyerahkan bukti jika dana 2,6 miliar ringgit, sekitar Rp 9,4 triliun, adalah donasi dari Arab Saudi.

Mahathir menyampaikannya setelah menghadiri pertemuan Partai Pribumi Bersatu Malaysia Jumat (26/10/2018). Sebelumnya, dia menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir.

Dilansir The Star Sabtu (27/10/2018), Jubeir mengatakan kepada Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah bahwa donasi yang diterima sang mantan PM tak hubungannya dengan Saudi.

Baca juga: Najib Rilis Dokumen Sumbangan Keluarga Kerajaan Saudi ke Rekeningnya

Namun, Najib dalam unggahan di Facebook berkata donasi tersebut memang berasal dari pemerintah Saudi meski Jubeir menyangkalnya.

Dia kemudian membagikan ulang sebuah unggahan bertanggal 13 September 2018 yang berisi sejumlah foto maupun dokumen yang memperkuat klaimnya.

Adapun dalam wawancaranya dengan Al Jazeera, mantan PM yang berkuasa 2009 sampai 2018 itu mengaku tidak memverifikasi sumber uang itu.

Najib menyatakan dia berasumsi uang itu sumbangan dari Riyadh setelah mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud memberikan dukungannya.

Dr M, julukan Mahathir, menyatakan dia kadang tidak bisa percaya begitu perkataan dari seorang pejabat negara asing.

Dia menganalogikan kesulitan itu seperti perkataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Di suatu masa, Trump pernah menyatakan bakal menghukum Saudi jika terdapat keterlibatan pejabatnya dalam kematian jurnalis berusia 59 tahun itu.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.