Kompas.com - 21/09/2018, 23:57 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan bakal minta PBB agar memberikan dana 500 juta dolar AS (sekitar Rp 7,4 triliun) untuk membantu pemulangan ratusan ribu rakyatnya yang melarikan diri ke luar negeri karena krisis ekonomi.

Maduro yang sudah tidak menghadiri Sidang Umum PBB sejak 2015 belum memutuskan apakah dia akan hadir dalam sidang yang akan digelar di New York pekan depan.

Pada Selasa (18/9/2018), Maduro mengatakan masih perlu melakukan evaluasi untuk prosedur keamanan yang ada.

Namun dalam pesannya kepada perwakilan khusus PBB untuk migran Venezuela, Maduro menyampaikan pesan bernada provokatif.

"Saya mengundang Anda untuk datang ke Venezuela. Saya akan meminta Anda untuk memberi saya 500 juta dolar."

"Agar saya dapat memulangkan para pengungsi yang meninggalkan Venezuela, dan mereka semua ingin kembali," kata Maduro dalam pesan yang ditujukan kepada Perwakilan PBB Eduardo Stein, yang juga mantan wakil presiden Guatemala.

Baca juga: Venezuela Sepakat Ekspor Minyak 1 Juta Barel Per Hari ke China

Dilansir dari AFP, Maduro mengatakan dia akan menggunakan uang tersebut untuk memulangkan rakyat Venezuela kembali ke tanah air mereka.

Tidak jelas apakah permintaan tersebut hanya sebagai bentuk sindiran atau Maduro akan benar-benar menindaklanjuti permintaan tersebut.

Menurut PBB, ada sekitar 2,3 juta warga negara Venezuela yang kini berada di luar negeri, dengan 1,6 juta di antaranya telah mengungsi sejak 2015.

Krisis ekonomi Venezuela telah berlangsung sejak 2014 dipicu jatuhnya harga minyak yang menjadi tumpuan utama negara itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.