Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Pasang Tarif Rp 1 Miliar untuk Berfoto dengan Dirinya

Kompas.com - 13/09/2018, 20:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump disebut memasang tarif hingga 70.000 dolar AS atau sekitar Rp 1 miliar, bagi orang yang ingin berfoto bersamanya.

Trump juga memasang tarif sebesar 100.000 dolar AS (sekitar Rp 1,4 miliar) untuk mereka yang ingin menghadiri acara makan malam pribadi dengan presiden.

Namun untuk dapat hadir dalam acara makan malam bersama di Hotel Trump Internasional di Washington DC pada Rabu (12/9/2018) malam lalu, para tamu hanya ditarik iuran sebesar 35.000 dolar AS (sekitar Rp 500 juta).

Meski terkesan sangat mahal, namun dana yang terkumpul akan digunakan sebagai dana kampanye untuk pencalonan presiden Trump dalam pemilihan tahun 2020.

Baca juga: Perusahaan-perusahaan AS Keberatan dengan Kebijakan Tarif Trump

Melansir dari Metro.co.uk, kabar penggalangan dana tersebut terungkap melalui akun Twitter salah seorang wartawan Washington Post di Gedung Putih, Josh Dawsey.

Dawsey mengunggah undangan makan malam dengan Presiden Donald Trump yang diadakan oleh Ketua Komite Nasional Republik (RNC) Ronna McDaniel dan Ketua National Finance, Todd Ricketts.

Acara tersebut digelar pada Rabu (12/9/2018), di Washington DC.

Meski acara penggalangan dana untuk kampanye kerap dilakukan, termasuk oleh para presiden sebelumnya, namun nominal yang dipatok dalam acara Trump terbilang sangat besar.

Pada 2016, calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton juga diketahui memasang tarif minimal 100.000 dolar untuk makan malam penggalangan dana di Nebraska.

Mantan Presiden Obama pada 2012 juga sempat menggelar acara penggalangan dana dengan tarif hingga 35.800 dolar AS (sekitar Rp 527 juta).

Belum ada pernyataan dari Gedung Putih maupun Presiden Trump terkait undangan makan malam penggalangan dana tersebut.

Baca juga: Jajak Pendapat: 51 Persen Warga AS Yakin Trump Pintar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com