Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajak Pendapat: 51 Persen Warga AS Yakin Trump Pintar

Kompas.com - 11/09/2018, 15:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebanyak 51 persen warga Amerika Serikat (AS) yakin Presiden Donald Trump mempunyai kepintaran.

Data itu diperoleh setelah Universitas Quinnipiac melakukan jajak pendapat, sebagaimana diwartakan Newsweek Senin (10/9/2018).

Namun, jumlah tersebut mengalami penurunan cukup signifikan jika dibandingkan survei serupa pada 2016, atau tatkala Trump memenangkan pemilihan presiden.

Baca juga: Peserta Miss America Ini Sebut Trump Masalah Terburuk yang Dihadapi AS

Dalam poling yang dihelat dua pekan pasca-kemenangan Trump, 74 persen responden yakin presiden 72 tahun itu pintar.

Kemudian di awal musim panas ini, Quinnipiac melakukan jajak pendapat dengan temuan 57 persen masih meyakini kepintaran Trump.

Semakin berkurangnya jumlah responden yang meyakini dikarenakan mulai bermunculan buku-buku yang menguak Gedung Putih serta gaya kepemimpinan Trump.

Buku terakhir yang menyerang Trump berjudul Fear: Trump in the White House yang dipublikasikan jurnalis ternama Bob Woodward.

Dalam buku tersebut dikisahkan bagaimana kekacauan yang terjadi di Gedung Putih, dan para menteri Trump berusaha mencegah sang presiden membuat kebijakan yang berbahaya.

Dalam buku itu, diceritakan para staf berusaha mencegah Trump mengunggah twit soal Korea Utara (Korut) yang berpotensi diartikan sebagai tanda AS bakal menggelar serangan.

Serangan kepada pemerintahan Trump kembali datang dari New York Times yang mempublikasikan sebuah opini dari seseorang mengaku sebagai staf Gedung Putih.

Dalam opini tersebut, si staf anonim berkata terdapat usaha untuk menyingkirkan Trump dengan mengaktifkan Amandemen Ke-25.

Langkah itu dilakukan karena berbagai kebijakan yang dibuat Trump bermain di dua kaki, dan khawatir terhadap masa depan AS.

Tim Malloy, asisten direktur poling itu berujar, warga AS percaya dengan berbagai kisah yang dipaparkan Woodward maupun The Times.

"Namun, mereka merasa seharusnya kisah tersebut tidak ditulis oleh orang secara anonim," kata Malloy dalam pernyataan resmi.

Meski keyakinan akan kepandaian Trump menurun, sebanyak 70 persen pemilih yakin ekonomi di bawah pemerintahannya membaik.

Quinnipiac menggelar jajak pendapat terhadap 1.038 responden antara 6-9 September dengan tingkat kesalahan 3,7 poin.

Baca juga: Wapres Mike Pence Diduga Penulis Artikel Kontroversial Turunkan Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com