Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Senang Korea Utara Tak Pamer Rudal Balistik di Parade Militer

Kompas.com - 10/09/2018, 08:17 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNBC,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Korea Utara memilih untuk tidak memamerkan rudal balistik saat menggelar parade militer pada Minggu (9/9/2018).

Pada perayaan ke-70 tahun pendirian negara itu, parade militer hanya difokuskan pada perdamaian dan pembangunan ekonomi Korea Utara.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump tampak senang dengan keputusan Kim Jong Un untuk tidak menyertakan senjata rudal jarak jauh dalam parade yang digelar di Alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang.

"Korea Utara baru saja mengadakan parade merayakan 70 tahun pendirian negara, tanpa memamerkan misil nuklir," kicau Trump di Twitter.

"Temanya adalah perdamaian dan pengembangan ekonomi. Ahli meyakini Korea Utara menyingkirikan misil nuklir untuk menunjukkan kepada Presiden Trump mengenai komitmen denuklirisasi," imbuhnya.

Baca juga: Korea Utara Gelar Parade Militer Tanpa Rudal Balistik

Trump menyampaikan terima kasih kepada Kim Jong Un. Dia menganggap Korea Utara memberikan pernyataan yang besar dan sangan positif melalui parade militer.

"Terima kasih Ketua Kim. Kita akan membuktikan semua orang salah. Tidak ada yang seperti pembicaraan baik dari dua orang yang saling menyukai," tulis pria berusia 72 tahun itu.

Tank Tentara Rakyat Korea (KPA) berbaris dalam parade militer yang digelar dalam rangka peringatan 70 tahun berdirinya Korea Utara di Alun-alun Kim Il Sung, Pyongyang, Minggu (9/9/2018).AFP / ED JONES Tank Tentara Rakyat Korea (KPA) berbaris dalam parade militer yang digelar dalam rangka peringatan 70 tahun berdirinya Korea Utara di Alun-alun Kim Il Sung, Pyongyang, Minggu (9/9/2018).
Sebagai informasi, Republik Demokratik Rakyat Korea Utara (DPRK) didirikan pada 9 September 1948, tiga tahun setelah Rusia dan AS membagi semenanjung Korea sebelum akhir Perang Dunia II.

AFP mewartakan, Kim justru menggunakan parade tersebut untuk memamerkan persahabatannya dengan China.

Dia memberikan penghormatan kepada utusan Presiden China Xi Jinping.

Baca juga: Kim Jong Un Ingin Denuklirisasi Sebelum Jabatan Trump Berakhir

Melansir CNBC, kepada utusan Xi, ketua parlemen China Li Zhanshu, Kim Jong Un mengatakan bahwa negaranya sedang berfokus pada pengembangan ekonomi dan berharap dapat belajar dari pengalaman China.

"Korea Utara menjunjung tinggi kesepakatan dalam pertemuan di Singapura antara para pemimpin Korea Utara dan AS," katanya.

"Kami telah mengambil langkah-langkah itu dan berharap AS juga mengambil langkah yang sesuai, untuk mempromosikan proses resolusi politik terkait masalah di semenanjung," ucapnya.

Parade militer kemarin tidak lagi menjadi ajang unjuk gigi rudal balistik. Tidak ada pula uji coba nuklir untuk menandai hari istimewa itu, seperti yang terjadi dalam dua tahun terakhir.

Baca juga: Xi Jinping Hanya Kirim Delegasi untuk Perayaan HUT Ke-70 Korea Utara

Seperti diketahui, Korea Utara secara rutin memanfaatkan hari libur besar untuk memamerkan kemampuan militer dna perkembangan terbaru dalam teknologi rudal.

"Rupanya, Kim Jong Un berpikir sekarang bukan waktunya untuk tidak memprovokasi Trump," kata Kim Yong-hyun, profesor studi Korea Utara di Universitas Dongguk di Seoul.

Namun, masih saja ada beberapa hal yang tidak berubah dalam parade militer Korut.

Banyak tank dan kendaraan militer lainnya di pawai yang memiliki slogan bertuliskan "Hancurkan agresor imperialis AS, musuh bebuyutan rakyat DPRK".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com