Kompas.com - 21/08/2018, 16:57 WIB
|

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia akan menggelar latihan militer terbesar sejak runtuhnya Uni Soviet bulan depan. Demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia, Senin (20/8/2018).

Ribuan tentara dari China dan Mongolia diharapkan ikut serta dalam latihan di Siberia dengan nama sandi Vostok 2018 ini.

"Latihan perang ini akan amat besar dalam hal lokasi dan jumlah pasukan yang terlibat," kata panglima angkatan bersenjata Rusia, Jenderal Sergi Shoigu.

Baca juga: Ikut Latihan Perang di Rusia, China Kirim Jet hingga Pembom Strategis

Shoigu menegaskan, latihan ini akan lebih besar dari latihan Zapad-81 yang melibatkan 150.000 personel di masa Uni Soviet.

Latihan kali ini juga akan lebih besar dari latihan perang Vostok 2014.

Latihan ini nantinya akan melibatkan 155.000 personel, 8.000 unit peralatan, 600-an pesawat tempur, dan 80 kapal perang.

Sementara itu, kontribusi China dalam latihan ini adlah sebanyak 3.200 personel, 900 persenjataan, serta 30 unit pesawat tempur dan helikopter.

Semua peralatan perang dan para tentara ini akan dikerahkan pada 11-15 September mendatang di kawasan latihan Tsugol tak jauh dari perbatasan Rusia, China, dan Mongolia bertemu.

"Latihan ini tidak ditujukan terhadap sebuah negara. Latihan ini hanya fokus mengasah kemampuan manuver, kekuatan serangan dan serangan balik," kata Kemenhan China.

Baca juga: Hentikan Latihan Perang dengan Korsel, AS Hemat Rp 201 Miliar

Jadwal latihan militer ini berbarengan dengn Forum Ekonomi Timur yang disponsori Rusia di kota Vladivostok.

Dalam forum yang digelar setahun sekali ini diharapkan Presiden Xi Jinping hadir dan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.