Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Tunarungu Menyalip Putra Mahkota Arab Saudi di Jalan Raya

Kompas.com - 14/08/2018, 13:54 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Arabiya

RIYADH, KOMPAS.com — Seorang pria berkebutuhan khusus merekam saat-saat mobil yang dikendarainya menyalip mobil milik putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

Peristiwa tak terduga itu terjadi di sebuah jalan raya di NEOM, Senin (13/8/2018).

NEOM adalah sebuah kota dan zona ekonomi baru seluas 26.500 kilometer persegi yang tengah dibangun di Tabuk, Arab Saudi, tak jauh dari perbatasan dengan Mesir.

Baca juga: Diisukan Meninggal, Putra Mahkota Saudi Terlihat Pimpin Rapat di Jeddah

Nama NEOM diambil dari gabungan kata bahasa latin "Neo" yang artinya baru dan huruf pertama kata "mustaqbal" yang artinya masa depan.

Nama lain kota baru ini bisa juga disebut Nowesa yang merupakan singkatan dari North West Saudi Arabia.

Kembali ke peristiwa di jalanan NEOM, video tersebut direkam Fahd al-Latif. Kepada Al Arabiya, Fahd mengatakan, sempat melihat sang pangeran mengatakan sesuatu kepadanya.

Namun, Fahd tak bisa mendengar perkataan sang pangeran karena dia adalah penyandang tunarungu.

"Saya orang dengan kebutuhan khusus dan saya tidak mendengar apa yang dikatakan pangeran karena saya sibuk merekam peristiwa ini," ujar Fahd.

"Tapi, putra saya Omar yang duduk di samping saya mengatakan pangeran bertanya: butuh sesuatu? Namun, saya sudah telanjur menyampaikan salam perpisahan karena peristiwa itu berlangsung amat cepat," kata Fahd.

Saat Fahd menyadari mobil yang disalipnya dikemudikan sang putra mahkota, dia langsung merekam dirinya sendiri menjelaskan situasi itu dengan menggunakan bahasa isyarat.

Selanjutnya, dia mengarahkan kamera ponselnya ke mobil Pangeran Mohammed bin Salman yang terlihat melambaikan tangannya.

"Saya sedang bersama keluarga dan mereka amat senang dengan peristiwa itu. Saya hanya berharap bisa berbicara dan suara saya didengar pangeran," tambah Fahd.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi Disambut Gugatan dalam Kunjungannya ke Perancis

Fahd ternyata bukan pengemudi biasa. Dia kerap mengikuti reli tak hanya di Arab Saudi, tetapi juga di Uni Emirat Arab dan beberapa tempat lainya.

Video yang kemudian diunggah Fahd ke media sosial dengan cepat dibagikan dan menjadi pembicaraan warganet di Arab Saudi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com