Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2018, 15:32 WIB

KOMPAS.com - Andy Warhol merupakan salah satu seniman populer saat berkembangnya pop art di era 1960-an.

Karya-karya Warhol tersebar ke berbagai macam bentuk seni, mulai dari lukisan, patung, fotografi, hingga seni pertunjukan, pembuatan film, instalasi video dan tulisan.

Andy Warhol bernama asli Andrew Warhola, lahir pada 6 Agustus 1928 di Oakland, Pittsburgh, Pennsylvania. Kedua orangtuanya, Ondrej Warhola dan Julia adalah imigran Slovakia.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Van Gogh, Pelukis Pasca-Impresionisme

Bakat seni Andy diturunkan dari ibunya yang bekerja sebagai tukang bordir yang membuat hiasan pada pakaian untuk membuatnya lebih indah.

Meski tinggal di AS dan jauh dari kampung halamannya di Slovakia, namun keluarga Warhola berupaya tetap mempertahankan adat dan kebudayaan mereka saat tinggal di kawasan etnik Eropa Timur di Pittsburgh.

Saat berusia delapan tahun Warhol terserang penyakit saraf langka yang membuatnya harus berbaring di tempat tidur selama beberapa bulan.

Pada saat itu, sang ibu dengan penuh kasih sayang menemani Warhol. Di sela-sela merawat putranya, dia juga mulai mengajarkan cara menggambar hingga akhirnya hal itu menjadi hobi masa kecil Warhol.

Di usia sembilan tahun, Warhol yang juga sangat menggemari film mulai mengenal fotografi setelah mendapat kado sebuah kamera. Membuatnya menghabiskan banyak waktu mencetak foto dalam kamar gelap yang dibuatnya di ruang bawah tanah.

Warhol muda semakin menggemari seni dan mengambil kursus gratis yang ditawarkan Institut Carnegie di Pittsburgh. Di kampus itu pula Warhol melanjutkan pendidikan tingginya dengan mengambil jurusan desain menggambar.

Bakat seni Warhol telah diketahui sang ayah sejak putranya remaja. Hingga pada 1942, saat sang ayah meninggal, dia mewasiatkan tabungannya untuk biaya kuliah putranya itu.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Bruce Lee, Aktor Laga Legendaris Hong Kong

Karir Seni

Setelah lulus dan menyandang gelar sebagai sarjana seni murni pada 1949, Warhol memutuskan untuk hijrah ke New York demi mengejar cita-citanya menjadi seniman komersial.

Pada saat inilah dia mengganti namanya dari Andrew Warhola menjadi Andy Warhol.

Di bulan September 1949, Warhol mendapat pekerjaan di majalan Glamour sebagai desainer.

Tak butuh waktu lama hingga Warhol dengan gaya seninya yang unik untuk meraih sukses. Dia bahkan kerap memenangkan penghargaan atas karya-karyanya yang khas.

Di akhir era 1950-an, Warhol mulai lebih banyak mencurahkan perhatiannya pada seni lukis dan pada 1961, dia mulai mengenalkan konsep pop art, sebagai seni lukis yang fokus pada produksi massal barang-barang komersial.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Louis Vuitton, Tunawisma Pencipta Koper Mewah

Pada 1962, Warhol menggelar pameran lukisan kaleng sup Campbell's yang kini menjadi salah satu ikon budaya pop. Warhol menggunakan label pada produk kaleng tersebut sebagai media karyanya.

Karyanya ini menimbulkan kehebohan di dunia seni di masa itu dan membawa Warhol serta pop art menjadi sorotan nasional untuk pertama kalinya.

Karya lukis Warhol lainnya yang juga mendapat ketenaran yakni lukisan yang menggambarkan botol minuman soda, mesin pengisap debu dan hamburger.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.