Kompas.com - 19/06/2018, 18:55 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Dua maskapai penerbangan terbesar di Jepang mengubah penggunaan nama "Taiwan" menjadi "China Taiwan" dalam situs berbahasa China mereka. Keputusan tersebut langsung memicu protes keras dari pemerintahan pulau tersebut.

Dua maskapai tersebut yakni Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA) yang mengatakan perubahan dilakukan sejak 12 Juni lalu dan dimaksudkan untuk mengakomodasi pelanggan mereka.

Perubahan nama "Taiwan" menjadi "China Taiwan" hanya dilakukan pada laman berbahasa China, sedangkan untuk laman berbahasa Jepang dan lainnya tetap menggunakan nama "Taiwan".

"Kami membuat keputusan tersebut sambil terus berkonsultasi dan melapor kepada Kementerian Transportasi dan Kementerian Luar Negeri," kata salah seorang juru bicara JAL.

"Kami memilih deskripsi yang mudah dimengerti dan diterima oleh pengguna situs kami," tambahnya dilansir AFP.

Baca juga: AS Resmikan Kantor Perwakilan Baru Senilai Rp 3,4 Triliun di Taiwan

Alasan senada disampaikan pihak maskapai penerbanga ANA. Perubahan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan dan para pengguna situs mereka.

"Kami sama sekali tidak bermaksud mengelompokkan pelanggan tertentu namun semua pelanggan kami," kata juru bicara tersebut tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Kendati demikian, keputusan perubahan tersebut tetap menuai kecaman dari Pemerintah Taiwan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan, telah melayangkan protes kepada kedua maskapai tersebut dan menuntut dilakukan koreksi terhadap "penamaan yang tidak pantas".

"Pemerintah China telah sekali lagi melakukan penekanan secara tidak wajar terhadap ruang internasional Taiwan."

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.