Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS di China Diimbau Waspada terhadap Serangan Penyakit Misterius

Kompas.com - 08/06/2018, 14:24 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Amerika Serikat di China pada Jumat (8/6/2018) mengimbau warganya agar waspada terhadap serangan penyakit misterius.

Peringatan tersebut merupakan yang kedua dalam dua pekan terakhir, setelah makin banyak diplomat AS yang terkena penyakit misterius.

Pesan dalam peringatan itu meminta staf dan anggota keluarga diplomat untuk periksa ketika mengalami gangguan kesehatan tak biasa, seperti mendengar suara-suara aneh.

"Gejala yang harus diperhatikan termasuk pusing, sakit kepala, tinnitus atau telinga berdenging, kelelahan, masalah kognitif, masalah penglihatan, gangguan pendengaran, dan kesulitan tidur," demikian pernyataan dari kedubes AS.

Baca juga: Khawatir Terkena Penyakit Misterius, Diplomat AS Ditarik dari China

Pesan tersebut juga meminta agar warga AS tidak berusaha menemukan sumber suara aneh yang terdengar. Bagi siapa pun yang mendengarnya, diminta pindah ke tempat lain.

Tim medis dari AS juga telah dikirim ke kota Guangzhou, sejak seorang staf diplomat yang kemudian didiagnosis mengalami trauma otak pada bulan lalu.

Munculnya penyakit misterius itu muncul ketika hubungan AS dan China terkunci oleh negosiasi untuk mencegah perang dagang, serta ketegangan atas klaim pemerintah China terhadap Laut China Selatan.

Kementerian Luar Negeri AS mengevakuasi diplomat yang pada Rabu lalu. Namun, mereka tidak menuduh negara atau organisasi tertentu yang berada di balik insiden tersebut.

Kemenlu China pada Kamis (7/6/2018) menyatakan, penyelidikan terhadap kasus pertama belum memberi petunjuk apa pun.

"Pada insiden terbaru, pihak AS belum melakukan komunikasi formal dengan pihak China tentang hal itu," kata juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying.

Baca juga: Terserang Penyakit Misterius, Diplomat Kanada di Kuba Dipulangkan

Sebelumnya, 24 orang terdiri dari 24 diplomat dan anggota keluarganya di Havana, Kuba, juga mengalami gejala penyakit misterius.

Pemerintah AS menyatakan, pemerintahan Kuba di masa lalu harus bertanggung jawab atas keselamatan diplomat AS. Namun, pemerintah Kuba menyangkal tuduhan tersebut.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo membentuk satuan tugas khusus untuk menyelidiki penyakit misterius yang diderita diplomat AS di China dan Kuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com