Kompas.com - 30/05/2018, 21:49 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan, dia bakal membuka rekening Tabungan Harapan Malaysia atau Hope Fund.

Donasi tersebut, bakal digunakan untuk membantu membayar utang negara 1 triliun ringgit, sekitar Rp 3.500 triliun.

Penyataan tersebut disampaikan Mahathir dalam konferensi pers selepas memimpin rapat kabinet mingguan, seperti dilansir Channel News Asia Rabu (30/5/2018).

Baca juga: Warga Malaysia Galang Donasi Bantu Lunasi Utang Negara Rp 3.500 Triliun

Dia berkata, wacana itu digulirkan setelah kabar adanya donasi yang dilakukan seorang warga bernama Nik Shazarina Bakti membuka donasi dengan nama Please Help Malaysia.

Penggalangan donasi di situs GoGetFunding sejak pekan lalu itu telah memperoleh dana hingga 3.500 dolar Amerika Serikat, atau Rp 48,8 juta.

Hingga penutupan pada 21 Juli mendatang, kampanye tersebut menargetkan bisa mendapatkan dana hingga 100.000 dolar AS, atau 1,4 miliar.

"Banyak warga Malaysia yang setelah mendengar kondisi utang negara berniat membuka donasi. Kami menyambut langkah patriotik mereka," kata Mahathir.

PM 92 tahun itu melanjutkan, nomor rekening bagi yang ingin menyumbang bakal diumumkan, dengan seluruh dana donasi akan diserahkan ke Kementerian Keuangan Malaysia.

Sebelumnya, Mahathir mengumumkan Malaysia mempunyai utang Rp 3.500 triliun yang merupakan 80 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP) mereka.

PM yang pernah menjabat pada 1981-2003 itu kemudian melakukan serangkaian evaluasi proyek-proyek yang dianggap tidak menghasilkan keuntungan.

Salah satunya adalah proyek pembangunan kereta cepat yang menghubungkan Kuala Lumpur dengan Singapura, dan ditandatangani pada 2016.

Baca juga: Utang Malaysia Rp 3.500 Triliun Jadi Pekerjaan Besar bagi Mahathir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.