Kompas.com - 28/05/2018, 17:00 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) dilaporkan telah mengirim delegasinya ke Singapura untuk mempersiapkan pertemuan awal dengan Amerika Serikat (AS).

Kedua negara menggelar pertemuan sebagai persiapan dialog puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un di Singapura 12 Juni mendatang.

Sumber diplomatik kepada Yonhap Senin (28/5/2018) berkata, Kim Chang Son, Kepala Staf de facto Korut, berada di Beijing, China, dan bertolak menuju Singapura siang waktu setempat.

Dia bakal bertemu dengan Joe Hagin, Wakil Kepala Staf Gedung Putih Bidang Operasi, yang bakal terbang ke Singapura dari Jepang.

Baca juga: Jelang Pertemuan Trump-Kim Jong Un, Delegasi AS Bertemu Pejabat Korea Utara

"Kedua delegasi kemungkinan bakal bertemu Selasa (29/5/2018) untuk membicarakan logistik dan isu keamanan saat pertemuan," kata sumber tersebut.

Dia melanjutkan, Kim Chang Son dikabarkan bakal kembali ke Pyongyang setelah terlihat berada di Bandara Internasional Beijing Sabtu (26/5/2018).

Spekulasi merebak dia hendak pulang setelah Trump mengumumkan pembatalan pertemuannya dengan Kim Kamis (24/5/2018).

Trump beralasan, dia terpaksa melakukannya karena Pyongyang menunjukkan sikap tidak bersahabat dalam dua pekan terakhir.

Korut kemudian menyatakan keinginan untuk berdialog dengan AS yang membuat presiden berusia 71 tahun itu berubah pikiran.

Selain di Singapura, delegasi AS dan Korut juga menggelar pertemuan di zona demiliterisasi Panmunjom di Korea Selatan (Korsel).

Delegasi AS dalam pertemuan untuk membahas agenda pertemuan itu dipimpin Duta Besar AS untuk Seoul, Sung Kim yang merupakan negosiator nuklir handal.

Setelah pertemuan itu dirampungkan, Wakil Ketua Komite Buruh Kim Yong Chol bakal bertemu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Pertemuan untuk koordinasi final tersebut kemungkinan  bakal dilaksanakan di Washington," beber sumber diplomatik itu.

Baca juga: Presiden Korsel Kemungkinan Ikut dalam Pertemuan Trump-Kim Jong Un

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Yonhap
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.