Kompas.com - 26/04/2018, 09:45 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Seorang jurnalis asal Gaza menjadi korban tewas saat meliput aksi protes warga Palestina di Jalur Gaza.

Laporan Reuters, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Rabu (25/4/2018), jurnalis Ahmed Abu Hussein (25) ditembak oleh pasukan Israel dalam demonstrasi yang digelar pada 13 April lalu.

Pemerintah Israel juga telah mengizinkan Hussein untuk dirawat di rumah sakit yang berada di Tepi Barat.

Dengan segera, Hussein dipindahkan ke Israel untuk mendapatkan perawatan. Namun, dia menyerah dengan luka-luka yang dideritanya pada Rabu (25/4/2018) sore, di RS Sheba, dekat dengan Tel Aviv.

Baca juga : Bentrokan di Gaza, Israel Tembak 9 Warga Palestina Termasuk Jurnalis

Jenazahnya akan dipindahkan ke Gaza untuk dimakamkan pada Kamis (26/4/2018).

Hussein merupakan jurnalis kedua yang tewas dalam satu bulan terakhir, saat meliput demonstrasi di perbatasan Gaza.

Diberitakan AFP, Hussein bekerja untuk Radio Shaab, sebuah stasiun radio yang terkenal dekat dengan sayap kanan partai Front Liberasi Palestina (PFLP), sekaligus menjadi fotografer kantor berita lokal.

Kementerian kesehatan di Gaza menyatakan, Hussein tertembak di perutnya, ketika meliput aksi protes di Jabalia, Gaza bagian utara.

Dalam sejumlah foto yang beredar menunjukkan dirinya mengenakan helm pers, beberapa saat setelah insiden penembakan terjadi. Namun, tentara Israel tidak segera merespons peristiwa tersebut.

Baca juga : Israel: Semua Orang di Jalur Gaza Memiliki Hubungan dengan Hamas

Persatuan jurnalis Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan, otoritas Israel secara penuh bertanggung jawab atas tindak kejahatan itu dan akan mengajukan tuntutan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.