Kompas.com - 10/04/2018, 19:22 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Dua menteri sayap kanan Israel menanggapi beredarnya video di mana tentara Israel kegirangan setelah menembak seorang warga Palestina.

Dilansir AFP Selasa (10/4-2018), Menteri Keamanan Publik Gilad Erdan berkata, pasukan itu tidak melakukan tembakan secara asal-asalan.

"Tentara itu menembak teroris yang berusaha mendekati zona terlarang. Teroris berasal dari wilayah yang dikontrol Hamas," kata Erdan dalam sebuah wawancara radio.

Erdan melanjutkan, dia yakin segalanya berjalan baik, dan mendiskusikan bagaimana reaksi prajurit itu ketika harus menghadapi "situasi pelik".

Adapun Menteri Pendidikan Naftali Bennett juga memberikan penjelasannya terkait reaksi girang yang digambarkan oleh sniper (penembak runduk) yang melakukan aksi itu.

Baca juga : Beredar Video Sniper Israel Tembak Warga Palestina Sambil Kegirangan

"Menghakimi tentara hanya karena mereka berekspresi tidak pantas ketika berusaha mempertahankan perbatasan bukanlah sesuatu yang serius," kata Bennett.

Tidak dijelaskan apakah warga Palestina yang ditembak sniper tersebut tewas. Harian Yediot Aharonot mengabarkan, video tersebut direkam pada Desember 2017.

Sementara pejabat senior Palestina, Hanan Ashrawi mengatakan, sejak awal mereka sudah curiga pasukan Israel bakal bertindak tidak pantas kepada demonstran Palestina.

Namun, Ashrawi berujar kalau tidak ada yang percaya kepada mereka. "Tidak akan ada yang percaya hingga Israel mengabadikan sendiri momen itu," tuturnya.

Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan (kanan) bersama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam konferensi pers di Yerusalem.AFP/GALI TIBBON Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan (kanan) bersama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam konferensi pers di Yerusalem.

Sebelumnya, sejak Senin (9/4/2018) beredar video yang memperlihatkan aksi di depan pagar perbatasan Israel dan Palestina.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.