Kompas.com - 26/03/2018, 22:31 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Buntut dari percobaan pembunuhan terhadap mantan agen ganda, Rusia menghadapi gelombang pengusiran di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

CNN melaporkan Senin (26/3/2018), total ada lebih dari 100 diplomat Rusia yang harus angkat kaki.

Presiden Uni Eropa (UE) Donald Tusk berkata, terdapat 14 negara yang sudah mengumumkan persona non grata (tidak menginginkan) diplomat Rusia di negara mereka.

"Tindakan lanjutan, antara lain pengusiran tambahan, bisa terjadi dalam beberapa hari atau pekan mendatang," kata Tusk dari Varna, Bulgaria, dilansir AFP.

Jerman, Perancis, dan Polandia mengumumkan bahwa masing-masing negara bakal mengusir empat diplomat Rusia.

Baca juga : Ikuti Inggris, Negara-negara Ini Bakal Usir Diplomat Rusia

Kemudian dari Ukraina, Presiden Petro Poroshenko mengumumkan bahwa 13 diplomat Kremlin harus segera angkat koper dari Kiev.

Dalam pernyataannya, sejak awal hubungan Kiev dan Moskwa sudah "dingin" sejak Rusia menduduki Criema pada 2014, dan mendukung aksi separatis di kawasan utara Ukraina.

"Langkah selanjutnya adalah memperbesar konsekuensi yang harus dibayar Moskwa karena kejahatan internasional yang mereka lakukan," beber Poroshenko.

Dari kawasan Amerika Utara, AS menjadi negara yang paling besar mengusir diplomat Rusia dengan 60 orang harus segera pergi dari Negeri "Paman Sam".

Rinciannya, 48 orang diduga melakukan aksi spionase di Washington. Sedangkan sisanya di New York.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN,AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.