Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2018, 14:47 WIB
|

RIYADH, KOMPAS.com - Putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan, perempuan Saudi tak perlu mengenakan kerudung atau pakaian tradisional abaya.

Pria yang kerap dipanggil MBS itu juga menekankan, para perempuan Saudi bebas mengenakan pakaian apapun selama masih sopan dan layak.

"Hukumnya sudah jelas dan dituangkan dalam syariah bahwa perempuan harus mengenakan pakaian yang layak dan sopan seperti berlaku juga untuk pria," kata MBS dalam wawancara dengan stasiun televisi CBS yang disiarkan Minggu (18/3/2018) malam.

"Hukum ini, tidak secara khusus merujuk pada abaya hitam atau kerudung hitam. Keputusan memilih pakaian yang layak dan sopan sepenuhnya diberikan kepada para perempuan," tambah MBS.

Baca juga : Mulai Tahun Ini, Perempuan Saudi Bisa Menjadi Pemandu Wisata

Bulan lalu, seorang ulama senior Saudi juga mengatakan, perempuan negeri itu harus mengenakan pakaian yang sopan tetapi tidak harus berupa abaya.

Meski MBS menyampaikan pernyataan itu, sejauh ini belum jelas apakah hal tersebut menjadi sinyal adanya perubahan aturan berpakaian bagi para perempuan Saudi.

Kemunculan MBS yang berusia 32 tahun sebagai putra mahkota Arab Saudi membawa sejumlah perubahan termasuk untuk para perempuan negeri itu.

Belakangan, para perempuan Saudi mulai mengenakan abaya dengan berbagai macam warna tak melulu hitam seperti yang selama ini dikenal.

Mengenakan abaya dipadu dengan rok panjang atau celana jeans kini semakin populer di beberapa bagian Arab Saudi.

Baca juga : Perempuan Saudi Kini Diizinkan Bergabung dengan Dinas Militer

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.