Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Tahun Ini, Perempuan Saudi Bisa Menjadi Pemandu Wisata

Kompas.com - 06/03/2018, 22:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

RIYADH, KOMPAS.com - Lapangan pekerjaan yang terbuka bagi kaum perempuan Arab Saudi semakin bertambah. Setelah diizinkan bergabung dengan militer dan bekerja di pusat kendali lalu lintas udara, kini perempuan Saudi juga dapat menjadi pemandu wisata.

Dilansir dari Al Arabiya, Selasa (6/3/2018), perempuan Saudi kini bisa menjadi pemandu wisata setelah mendapat lisensi dari Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTNH).

Direktur Sektor Perhotelan SCTNH, Badr al-Obaid menyampaikan, mulai tahun ini, wanita Saudi dapat mengajukan izin untuk mendapatkan lisensi pemandu wisata.

"Untuk persyaratan yang dibutuhkan dalam mendapatkan izin sebagai pemandu wisata bagi perempuan dapat dilihat di laman situs resmi SCTNH," kata al-Obaid.

Baca juga: Perempuan Saudi Kini Diizinkan Bergabung dengan Dinas Militer

Dalam Forum Pemberdayaan Perempuan dan Integrasi di Jeddah yang digelar Minggu (4/3/2018), al-Obaid menyampaikan rencana SCTNH yang ingin melakukan "Saudisasi" di berbagai tingkat di sektor pariwisata di Arab Saudi.

Disampaikannya, program pelatihan telah diberikan kepada lebih dari 8.000 pemuda Saudi yang akan dilibatkan dalam bursa kerja.

Lebih dari 400 warga Saudi juga telah dikirim untuk beasiswa ke luar negeri dalam dua tahun terakhir guna mempersiapkan individu yang memenuhi persyaratan untuk bekerja di sektor pariwisata.

SCTNH turut mendukung kaum muda Saudi yang ingin berinvestai di bidang pariwisata, sesuai dengan tujuan visi Saudi 2030.

Direktur hotel perempuan Saudi pertama, Hessa al-Mazroa, berbicara dalam forum tentang tantangan bekerja di sebuah perusahaan yang harus memenuhi standar internasional.

"Pemberdayaan perempuan datang dengan tanggung jawab," tambahnya.

Baca juga: Perempuan Arab Saudi Tak Harus Pakai Abaya

Sementara itu, Direktur Departemen Urusan Wanita Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial, Eman Rajhan, menyampaikan berbagai program yang ditawarkan oleh kementerian untuk memberdayakan perempuan.

Di antaranya melalui pekerjaan paruh waktu dan program kerja jarak jauh bersama dengan layanan transportasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com